Home / Tulang Bawang

Senin, 15 Februari 2021 - 14:31 WIB - 37 Pembaca

Winarti Promosikan Potensi Wisata Tulang Bawang Dalam Dialog Wisata RRI

Tulang Bawang – (Sbuai.com)

Bupati Tulangbawang lakukan Dialog Budaya di Radio Republik Indonesia (RRI) dalamRangka Mempromosikan wisata dan destinasi XI Kabupaten TulangBawang Dengan mengangkat Tema” Melestarikan Kota Budaya Kerajaan Tulang Bawang”. Senin, 15/2/2021 Rumah Dinas Bupati Kabupaten Tulangbawang.

Sebelum melakukan dialog Bupati Tulangbawang menceritakan singkat peninggalan sejarah baik destinasi dan wisata sejarah kebudayaan Tulang Bawang.Pada abad ke-4, daerah tersebut bernama Tulang Pohang yang diartikan sebagai Tuba terletak di pedalaman atau di pulau emas Sumatera yang sekarang posisinya di kota Menggala.

Selain menjadi tempat pendidikan, Kabupaten Sai Bumi Nengah Nyappur juga tempat perdagangan. Salah satu peninggalan sejarah di Tuba yaitu Tanggaraja di Ujunggunung Ilir, Kecamatan Menggala. Daerah itu menjadi tempat transit atau dermaga para tamu raja dan lintas perdagangan. Tanggaraja juga tempat perlintasan para raja turun untuk mandi di sungai Way Tulangbawang dahulunya.

Baca juga :  Operasi Cempaka Krakatau 2019 Polres Tulang Bawang Berakhir

Beliau juga menjelaskan dalam pembangunan Destinasi wisata untuk membuat bahagia masyarakat Tulangbawang. Ini akan berdampak positif untuk masyarakat sehingga lebih mengenal sejarah Tulangbawang,” kata Winarti.

Ia menilai pembangunan lokasi wisata selain menjadi tempat hiburan masyarakat, juga memiliki dampak multiefek di bidang perekonomian. Selain itu, juga dapat menarik investor untuk berinvestasi. “Pelaku usaha mendapatkan penghasilan tambahan sejak ada lokasi wisata baru,” katanya. Winarti menceritakan peninggalan sejarah Tuba baik destinasi dan wisatanya.

Sebelum memulai pembangunan, ia terlebih dulu berkoordinasi dengan tokoh masyarakat dan tokoh adat Tulangbawang. Sementara Tugu Ikan Jelabat, memiliki sejarah sebagai tempat makanan favorit dari raja-raja di kabupaten setempat.

Baca juga :  Polisis Indentifikasi Penemuan Mayat Pria Paruh BayaDi Tulang Bawang

Sedangkan Tugu Garuda salah satu warisan dari pemimpin-pemimpin dan tokoh terdahulu. Selain itu, ada 4 marga yang ditulis di bagian sayapnya yakni, Marga Puyang Umpu, Puyang Bulan, Puyang Aji dan Puyang Tegamoan.

Sedangkan, Tugu BMW di Simpang Penawar dibangun karena sebagai sentra perekonomian dan salah satu pusat UKM masyarakat dan BMW sport dibangun untuk tempat masyarakat Tulangbawang berolahraga serta kreasi untuk seluruh kalangan.

“Promosi cara kami untuk lebih dikenal di Lampung bahkan mancanegara salah satunya dengan kekuatan media sosial dengan memperkenalkan budaya Tuba dibantu seluruh OPD Pemkab Tuba,” ujarnya. (m)

Share :

Baca Juga

Tulang Bawang

Pemerintah Kabupaten Tuba adakan webinar UMKM dan Ekonomi Produktif

Tulang Bawang

Tulang Bawang Kembali Raih Penghargaan Dari Kemenkum Dan HAM RI

ADVETORIAL

DPRD Tulang Bawang Gelar Paripurna Pembahasan Tingkat 1 Atas 11 Raperda Kabupaten Setempat

Tulang Bawang

Pemkab Tuba Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana Angin Puting Beliung

Tulang Bawang

Jelang Pilkakam 2019 Polres Tuba Gelar Aksi Damai

ADVETORIAL

Rakor Kada Dengan Gubernur Lampung Bupati Tulang Bawang Minta Dukungan Dan Siap Berkoordinasi Tangani Covid-19

Tulang Bawang

Temuan BPK 1,5 Milyard, Sekretariat DPRD Tulang Bawang Baru Pulangkan Dana Sejumlah 50 Juta

Tulang Bawang

1.637 Tenaga Honorer Di Lingkup Pemkab Tuba Tunggu Informasi Dari Pusat
error: IZIN DULU BOSS