Home / ADVETORIAL / Tulang Bawang Barat

Rabu, 5 Mei 2021 - 00:17 WIB - 156 Pembaca

Tubaba Bakal Jadi Lokasi Pengembangan Tanaman Pengganti Beras

Tulangbawang Barat – (Sbuai.com)

Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad Juga selaku Ketua HKTI Provinsi Lampung, siap kembangkan tanaman Sorgum di Kabupaten Tubaba.

Hal tersebut disampaikan Umar saat melakukan peninjauan lokasi tanaman Sorgum seluas 2 hektar di Tiyuh (Desa) Mercubuana, Kecamatan Way Kenanga, Kabupaten Tubaba pada Senin 22/3/2021 pukul 15.35 Wib.

Tanaman alternatif pengganti beras tersebut kali pertama di kembangkan oleh warga Tiyuh Mercubuana, Samsul selaku pemilik lahan juga ketua tim Pesona pengembangan tanaman sorgum setempat.

Dikatakan Umar Ahmad. Dirinya sangat mengapresiasi atas tanaman Sorgum. Dan dia pastikan, kedepan pihaknya bersama HKTI Provinsi bertekad akan memperluas tanaman tersebut.

“Kita akan mencoba perluas tanaman Sorgum ini di Tubaba dengan cara lebih baik lagi, agar mampu menghasilkan produksi yang memuaskan utamanya bagi masyarakat petani.” Kata Umar.

Baca juga :  LKPJ Bupati Tuba T.A 2020 Dapat Rekomendasi Dan Masukan DPRD

Sementara terkait pemasaran menurut Samsul, saat ini masih jual ke Bogor Jawa Barat dengan harga perkilo mencapai Rp.10 ribu. Sementara dalam satu hektar itu bisa maksimal mencapai 4 ton. Dan menelan modal sampai panen hanya Rp.7,5 juta. Tapi kedepan tidak perlu pakai bibit lagi sudah tumbuh sendiri sampai 3 kali Panen dalam setahun.

“Untuk sekali panen Biomassa (Batang dan daun) mencapai 50 ton, namun kita ambil biji basah Sorgum hanya 5 ton. Sementara, berdasarkan pengalaman, panen pertama dan ketiga hasilnya sama, justru yang kedua itu lebih banyak hasilnya.” Jelas Samsul.

Baca juga :  Umar Ahmad Berencana Merevitalisasi 'Bawang-bawang' Di Tubaba

Sementara untuk tanaman Sorgum di Lampung seluruhnya mencapai 250 Hektar namun yang paling banyak di Tulang Bawang, Mesuji dan Lampung Timur.

“Saat ini kelemahan ada di bagian pemasaran karena jauh, kemudian transportasi dan lokasi. Sementara untuk target pasar ini diutamakan lokal dan sebagian ke Jawa Barat, bahkan bulan ini untuk pakan ternaknya kita kontrak ke Jawa Tengah.” Ungkapnya

Menanggapi itu Camat Way Kenanga Iskandar. Bersedia membantu pemerintah untuk mencari lahan khusus penanaman Sorgum di wilayah setempat.

“Saya akan berkoordinasi bersama Kepala Tiyuh (Desa) dan masyarakat terkait perluasan lahan Sorgum ini, Pastinya kami siap mendukung Program pemerintah untuk masyarakat.” Imbuhnya. (ADV)

Share :

Baca Juga

Tulang Bawang Barat

Mengaku Dikasari Suami Warga Bandar Dewa Lapor Polisi

ADVETORIAL

Bupati Tulang Bawang Facus Group Discussion Bersama Litbang Kemendagri Secara Virtual

Tulang Bawang Barat

Pemkab Tubaba Kick Off Vaksin Sinovac Tahap Dosis Kedua

ADVETORIAL

Bupati Tuba Ikuti Verifikasi Lapangan APE dengan Jajaran Kementrian PPPA

ADVETORIAL

Cegah Covid-19 Dinas PUPR Kabupaten Tubaba Sedia Tempat Mencuci Tangan Dan Bagikan Ribuan Masker

ADVETORIAL

Pemkab Tuba Melalui Dinas Kesehatan Telah Lakukan Upaya-upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Kabupaten Tuba

NASIONAL

Jum’at Berbagai Lesehan Asri -Tumijajar Diserbu Puluhan Masyarakat

Tulang Bawang Barat

Tingkatkan Sinergitas Batang Tubuh, LMP Tubaba Sillaturahmi Ke LMP Provinsi
error: IZIN DULU BOSS