Home / ADVETORIAL / Tulang Bawang Barat

Rabu, 5 Mei 2021 - 00:17 WIB - 93 Pembaca

Tubaba Bakal Jadi Lokasi Pengembangan Tanaman Pengganti Beras

Tulangbawang Barat – (Sbuai.com)

Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad Juga selaku Ketua HKTI Provinsi Lampung, siap kembangkan tanaman Sorgum di Kabupaten Tubaba.

Hal tersebut disampaikan Umar saat melakukan peninjauan lokasi tanaman Sorgum seluas 2 hektar di Tiyuh (Desa) Mercubuana, Kecamatan Way Kenanga, Kabupaten Tubaba pada Senin 22/3/2021 pukul 15.35 Wib.

Tanaman alternatif pengganti beras tersebut kali pertama di kembangkan oleh warga Tiyuh Mercubuana, Samsul selaku pemilik lahan juga ketua tim Pesona pengembangan tanaman sorgum setempat.

Dikatakan Umar Ahmad. Dirinya sangat mengapresiasi atas tanaman Sorgum. Dan dia pastikan, kedepan pihaknya bersama HKTI Provinsi bertekad akan memperluas tanaman tersebut.

“Kita akan mencoba perluas tanaman Sorgum ini di Tubaba dengan cara lebih baik lagi, agar mampu menghasilkan produksi yang memuaskan utamanya bagi masyarakat petani.” Kata Umar.

Baca juga :  DPRD Tulang Bawang Barat Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2019

Sementara terkait pemasaran menurut Samsul, saat ini masih jual ke Bogor Jawa Barat dengan harga perkilo mencapai Rp.10 ribu. Sementara dalam satu hektar itu bisa maksimal mencapai 4 ton. Dan menelan modal sampai panen hanya Rp.7,5 juta. Tapi kedepan tidak perlu pakai bibit lagi sudah tumbuh sendiri sampai 3 kali Panen dalam setahun.

“Untuk sekali panen Biomassa (Batang dan daun) mencapai 50 ton, namun kita ambil biji basah Sorgum hanya 5 ton. Sementara, berdasarkan pengalaman, panen pertama dan ketiga hasilnya sama, justru yang kedua itu lebih banyak hasilnya.” Jelas Samsul.

Baca juga :  Bantuan UMKM Di Lamteng Telah Realisasi Dan Tepat Sasaran

Sementara untuk tanaman Sorgum di Lampung seluruhnya mencapai 250 Hektar namun yang paling banyak di Tulang Bawang, Mesuji dan Lampung Timur.

“Saat ini kelemahan ada di bagian pemasaran karena jauh, kemudian transportasi dan lokasi. Sementara untuk target pasar ini diutamakan lokal dan sebagian ke Jawa Barat, bahkan bulan ini untuk pakan ternaknya kita kontrak ke Jawa Tengah.” Ungkapnya

Menanggapi itu Camat Way Kenanga Iskandar. Bersedia membantu pemerintah untuk mencari lahan khusus penanaman Sorgum di wilayah setempat.

“Saya akan berkoordinasi bersama Kepala Tiyuh (Desa) dan masyarakat terkait perluasan lahan Sorgum ini, Pastinya kami siap mendukung Program pemerintah untuk masyarakat.” Imbuhnya. (ADV)

Share :

Baca Juga

Tulang Bawang Barat

Pemkab Tubaba Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilihan Kepalo Tiyuh Pada Mei Mendatang

EKONOMI DAN BISNIS

Konstruksi Rangka Atab Baja Ringan Proyek DAK Fisik Pendidikan Kabupaten Tubaba Berbenih Dugaan Ancam Keselamatan

Tulang Bawang Barat

Motor Honorer Dibegal Di Dekat Pintu Masuk Tol Menggala

ADVETORIAL

Wujudkan Program BMW Dinkes Tuba Aktip Tangani Keluhan Balita Kurang Gizi

ADVETORIAL

Peningkatan Infrastruktur Jalan Salah Satu Pryoritas Pembangunan Dinas PUPR Kabupaten Tubaba

ADVETORIAL

Bupati Saply Serahkan 20 Unit Rumah Baperlahu Untuk Warga Desa Di Mesuji

ADVETORIAL

HUT Ke-24 Pemkab Tuba Gelar Zikir dan Doa Bersama

Tulang Bawang Barat

Tekab 308 Dan Polsek Tumijajar Amankan Satu Warga Lampung Utara
error: IZIN DULU BOSS