Home / Tulang Bawang Barat

Senin, 19 Juli 2021 - 03:28 WIB - 161 Pembaca

Tidak Ada Fasilitas Dan Pelayanan Dishub Tubaba Tarik Retribusi Terminal

Tulang Bawang Barat (Sbuai.com)

Tidak ada Fasilitas dan PelayananTerminal Dishub Tubaba Tetap Tarik Ritribusi Terminal

Walaupun tidak memiliki Fasilitas dan pelayanan terminal Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) tetap lakukan penarikan ritribusi terminal di Persimpangan jalan Mulya Asri Kecamatan Tulang Bawang Tengang yang dilakukan Dinas Perhubungan Kabupaten setempat, terindikasi pungli.

Penarikan retribusi terminal yang dilakukan Dishub Tubaba di persimpangan jalan Mulyo Asri yang jauh dari lokasi terminal terhada setiap kendaraan mobil penumpang umum dan pengangkut barang yang melintas di jalan Mulyo Asri, diduga pungutan liar (Pungli), pasalnya di lokasi itu tidak ada fasilitas dan pelayanan terminal.

Hal itu tidak sesuai dengan Pasal 127 huruf D Undang-undangan No.28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) Objek Retribusi Terminal adalah pelayanan penyediaan tempat parkit untuk kendaraan penumpang dan bis umum, tempat kegiatan usaha, dan fasilitas lainya di lingkungan terminal yang disediakan, dimiliki, dan/ataw dikelola oleh Pemerintah Daerah.

Berdasarkan hasil pantawan di Lapangang, penarikan ritribusi terminal di Simpang jalan tepatnya didepan Pasar Mulya Asri terhadap kendaran bus penumpang umu dan pengangkut barang yang melintas dilakukan oleh dua orang oknu berseragam Dishub, dengan memberhentikan kendaraan dengan meminta sejumlah uang yang berfariatif kepada para sopir.

Baca juga :  Kadiskes Tuba Wakili Bupati Dalam Monitoring Verifikasi ODF Dinkes Provinsi

Setiap saya melintas di jalan depan pasar Mulyo Asri membawa muatan barang, pasti petugas Dishub yang berjaga memberhentikan laju kendaraan saya dengan meminta uang sejumlah Rp 2.000/ kepada saya, ujar Yanto pengemudi truk bermuatan singkong yang melintasi jalan Mulyo Asri.

” setiap mobil truk dengan muatan singkong yang saya bawa lewat pasi oknum petugas Dishub yang berjaga pasti memberhentikan laju kendaraan yang saya bawa, untuk meminta uang Rp 2.000, katanya uang ritribusi terminal, padahal mobil kita kan gak masuk kedalam terminal”, ujar Yanto.

Petugas Dishub yang meminta uang ritribusi terminal, jarang memberikan karcis ritribusi terminal itu kepad kami, walau kami sudah membayar sejumlah uang sesuai yang mereka (petugas Dishub) pinta.

” Kalau untuk karcis ritribusinya sendiri, kadang diberikan kadang gak, oleh para petugas penarik ritribusi” ujar Yanto.

Ditempat yang berbeda, Supri yang juga merupakan supir muatan barang, membenarkan adanya penarikan ritribusi terminal yang dilakukan petugas Dishub di depan Pasar Mulyo Asri, karcisnya ritribusi kadan dikasih kadang gak walaupun kita telah membayarnya.

Baca juga :  Pembangunan Kantor Dengan Bambu Di Tubaba Bakal Mulai Pada Tahun 2020

“Kalau jumlah uang ritribusi terminal yang dimintak sih sedikit, tapi kalu dikali banyak sopir yang ditarik, kan uangnya lumayan banyak juga, dan itu sangat membebani kami sebagai sopir yang melintasi jalan ini”

Tapi yang lebih mengherankan, kenapa Pemerintah Daerah setempat, menetapkan ritribusi terminal sedangkan fasilitas dan pelayanan terminalnya tidak ada. Apakah penarikan ritribusi terminal itu dapat dikategorikan sebagai Pungli, ucapnya.

Terkait tidak adanya fasilitas dan pelayanan terminal, akan tetapi penarikan ritribusi terminal tetap dilakukan Kepala Disbuh Tubaba Marwan membenarkan bahwasanya Terminal Mulyo Asri, tidak ada fasilitas dan pelayanan terminal milik Dishub Tubaba, karna bangunan yang digunakan merupakan memanfaatkan bangunan ruko yang belum jadi, bukan bangunan yang dibangun khusus untuk terminal oleh Pemerintah, sehingga pelayanan terminal tidak dapat dilakukan sebagaimana terminal pada umumnya.

“Bangunan Terminal Mulya Asri, Bangunan itukan Ruko dari investasi milik orang yang gagal dan bukan Bangunan dari Pemerintah, sehingga tidak memungkinkan untuk dipergunakan sesuai ketentuan Fasilitas Terminal sebagaimana mestinyaā€¯, ungkap Marwan dengan gamblang. (M/i)

Share :

Baca Juga

ADVETORIAL

Stand Dekranasda Kabupaten Tubaba Resmi Beroperasi Di Rest Area JTTS Km 215

Tulang Bawang Barat

Reker Perdana, PWI Tubaba Siap Dukung Pembangunan

Tulang Bawang Barat

Tekab 308 Dan Polsek Tumijajar Amankan Satu Warga Lampung Utara

Tulang Bawang Barat

Hadiri Acara Milad SMK, Umar Ahmad Apresiasi Prestasi Siswa-siswi

Tulang Bawang Barat

Persisahan Pengajar Cerdas Angkatan IV Tulang Bawang Barat Berlangsung Di Rumdis Bupati Setempat

Tulang Bawang Barat

Pamsimas Salah Satu Tiyuh Di Kapaten Tubaba Diprotes Warga

Tulang Bawang Barat

Program Kotaku Bangun Lima Jenis Infrastruktur Di Kelurahan Mulya Asri

Tulang Bawang Barat

Camat Pagar Dewa Gali Potensi Wisata Bernuansa Alam Dan Religi Di Tubaba
error: IZIN DULU BOSS