Home / DAERAH / Tulang Bawang

Rabu, 12 Januari 2022 - 15:37 WIB - 28 Pembaca

Ratusan Warga 5 Kecamatan Datangi Kantor Bupati Tuba, Minta PT.SGC Ganti Rugi Lahan Mereka.

Tulangbawang (Sbuai.com)

Ratusan Warga Masyarakat 5 Kecamatan unjuk Rasa di depan kantor Pemda Tulangbawang atas sengketa tanah Umbul yang ada di lokasi PT. Sugar Group Company. Rabu (12/01/22).

Ratusa masyarakat yang datang merupaka ahliwaris dari 5 kecamatan untu menuntut hak ganti rugi atas tanah mereka yang di kuasai oleh PT. Sugar Group Company selama puluhan tahun, tetapi tidak ada kompensasi atau ganti rugi kepada Masyarakat.

Adapun ahli waris dari 5 kecamatan itu, yakni dari kecamatan Menggala, Gedong Aji, Dente Teladas, Gedong Meneng kabupaten Tulangbawang dan kecamatan Bandar Mataram yang masuk daerah kabupaten Lampung Tengah.

Safuan selaku koordinator Orasi Ahli Waris Masyarakat 5 Kecamatan meminta agar Pemerintah membentuk tim yang di tugaskan oleh Bupati untuk memetakan lahan umbul yang sedang kami perkara di pengadilan negeri Menggala, katanya

Baca juga :  Jelang Pilkakam 2019 Polres Tuba Gelar Aksi Damai

Dalam orasinya Sapuan Ismail juga menceritakan pada tahun 1992 kami warga masyarakat 5 kecamatan yakni kecamatan Dente Teladas, Gedung Meneng, Menggala, Gedung Aji Kabupaten Tulangbawang serta Kecamatan Bandar Mataram Kabupaten Lampung Tengah, hanya meminta tambahan pembayaran uang ganti rugi, mengingat pada jaman Pemerintahan Bupati Tulangbawang Pertama Santori Ia membetuk tim penyelesaian lahan untuk warga masyarakat Tulangbawang yang berkonflik dengan PT. Sweet Indo Lampung ,PT.Indo Lampung Perkasa, PT.Indo Lampung Cahaya Makmur, PT.Mulya Kasih Sejati,PT.Garuda Panca Arta . pada tahun itu tanah umbul. Kami hanya dihargai 160 ribu rupiah/ ha.

Baca juga :  Warga Rawa Pitu Keluhkan Buruknya Kondisi Jalan Wilayah Setempat

Selanjutnya, pada tahun 1999 Dan 2000 terjadi penyetopan kegiatan dan menahan alat berat milik perusahaan SGC, dari pihak Bupati Tulang bawang Santori hasan untuk meredam dengan konpensasi kepada masyarakat hanya sebesar Rp 850.000/ ha saja, jelasnya.

“Kami meminta kepada Bupati Kabupaten Tulangbawang Hj. Winarti untuk dapat menyelesaikan konflik sengketa tanah- tanah Umbul kami yang selama puluhan tahun tidak ada tambahan kompensasi atau ganti rugi untuk kami,” harap Safuan Ismail.

Selain itu sambung Safuan “Meminta perusahaan untuk melakukan pembayaran Tanah-tanah Inclav serta menyerahkan tanah rawa sepanjang aliran sungai kepada masyarakat untuk dijadikan lahan pertanian padi dan jagung oleh masyarakat warga masyarakat.”Pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Tulang Bawang Barat

Kapolres Tubaba Tinjau Vaksinasi Di Kelurahan Mulya Asri

ADVETORIAL

Halalbihalal Dinas Kesehatan Tulang Bawang Terapkan Protokol Kesehatan

Tulang Bawang

Pemkab Tuba Adakan Pendampingan SIKAP oleh Kemen PAN-RB

Kota Metro

Djohan Hadiri Acara Pisah Sambut Tugas Kapolres Metro

ADVETORIAL

Kadis Kesehatan Fatoni; Jaga Terus Zona Kuning Guna Ke Posisi Zona Hijau

ADVETORIAL

Kadiskes Tuba Wakili Bupati Dalam Monitoring Verifikasi ODF Dinkes Provinsi

Mesuji

Rusak Parah’ Dinas PUPR Mesuji Bakal Perbaiki Jalan Poros Di Sungai Cambai

Lampung Utara

Jurnalis Di Lampura Budidayakan Ikan Hias
error: IZIN DULU BOSS