Home / ADVETORIAL / Tulang Bawang Barat

Kamis, 1 April 2021 - 10:21 WIB - 165 Pembaca

Peringati Hut Ke-12 Pemkab Tubaba Gelar Lomba Pakaian Adat Lampung Megow Pak

Tulangbawang Barat – (Sbuai.com)

Menjelang Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) yang Ke-12, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Setempat menggelar Lomba Pakaian Adat Lampung Megow Pak. Acara tersebut berlangsung di Aula utama Kantor Pemkab Tubaba, Kamis (01/04/2021).

Acara tersebut berlangsung dengan mengusung tema “Perempuan Bahagia Tubaba Berjaya”, dan dihadiri oleh Umar Ahmad Bupati Tubaba, didampingi oleh Wakilnya Fauzi Hasan, Sekkab Tubaba, serta para Kepala OPD lingkup Pemkab Setempat. Dan puluhan Perempuan sebagai peserta perwakilan dari Kecamatan-kecamatan, dan Tiyuh turut hadir mengikuti Perlombaan tersebut.

Dalam sambutanya, Ketua Panitia Kegiatan Ny. Novriwan Jaya menyampaikan laporan terkait pelaksanaan Lomba Pakaian Adat tersebut. Dan disamping memperingati hari jadi, dikatakan bahwa kegiatan itu juga bertujuan untuk melestarikan Adat Budaya Setempat.

Baca juga :  Umar Ahmad Lantik Puluhan Pejabat Dan ASN Lingkup Pemkab Tubaba

“Lomba Pakaian Adat Lampung Megow Pak merupakan salah satu Acara dalam menperingati HUT Tubaba Ke-12 tahun ini. Dan disamping itu, ini merupakan salh satu wujud dalam melestarikan Adat Budaya kita, hususnya soal Baju Adat Lampung”, lapor Nya.

Kemudian untuk Peserta, Dirinya mengatakan itu berjumlah puluhan yang merupakan Perempuan perwakilan dari tiap Kecamatan dan Tiyuh di Tubaba. Dan sebagai materi perlombaan ialah Pakai-pakain Adat Lampung yang dikenakan oleh perempauan.

“Peserta dalam Lomba ini sebanyak 58 Perempuan Ibu-ibu Pejabat Daerah, Perwakilan Kecamatan, serta Tiyuh di Tubaba. Dan jenis Pakaian Adat Perempuan Lampung tersebut ialah Pengantin Megaw Pak, Bebay Tuho, Kandok Sebagi Sekabar, Mighul, dan Kandok Sebagi Andak Tengah, serta Pakaian Adat Anduk Kanduk Andak”, terang Ny. Novriwan Jaya.

Baca juga :  Bupati Tubaba Hadiri Audiensi UMKM Di Kompleks Wisata Budaya Uluan Nughik

Sementara itu, Umar Ahmad Bupati Tubaba menyatakan Apresiasi atas pelaksanaan Acara tersebut. Menurutnya Pakai Adat merupakan salah satu Kebudayaan yang diwariskan oleh Leluhur yang tentunya sangatlah perlu untuk dilelestarian.

“Pakai Adat Lampung, merupakan salah satu Budaya warisan para Leluhur yang juga merupakan salah satu Aset dalam hal Kebudayaan. Dan perlombaan sejenis ini, sangatlah positif dalam hal pelestarian, sekaligus tanggung jawab kita sebagai Masyarakat yang berbudaya Adat Lampung”, ungkap Bupati Tubaba.

Diketahui Lomba tersebut berlangsung dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan masa Pandemi Covid-19. Dan bertindak sebagi Juri ialah Cornelia Umar, SH.MH., kemudin Hj. Siti Rahayu, serta Ical Ibrahim. (Adv)

Share :

Baca Juga

ADVETORIAL

Adv; Bupati Tulang Bawang Hadiri Acara Penandatanganan Perjanjian Bersama Dengan Kejaksaan Negeri se-Lampung

ADVETORIAL

Mentri Koprasi dan UMKM Akan Menjadikan Dipasen Penghasi Udang Terbesar,

ADVETORIAL

Bupati Winarti Terima Penghargaan WTP Kabupaten Tulang Bawang Yang Ke-7

Tulang Bawang Barat

Hadiri Acara Milad SMK, Umar Ahmad Apresiasi Prestasi Siswa-siswi

Tulang Bawang Barat

Masuki Musim Penghujan Petani Sawah Di Tubaba Mulai Tanam Padi

NASIONAL

Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan Proyek DAK Fisik Pendidikan Kabupaten Tubaba T.A 2020 Diduga Tak Berprofil SNI

Tulang Bawang Barat

Bangunan Embung Di Tiyuh Sido Makmur Kabupaten Tubaba Mulai Rusak

ADVETORIAL

Pidato Perdana Musa Ahmad Paparkan Lima Program Priyoritas
error: IZIN DULU BOSS