Home / Tulang Bawang Barat

Senin, 22 Maret 2021 - 21:17 WIB - 102 Pembaca

Penunjukan Langsung Pada 11 Paket Dinkes Tubaba T.A 2021 Diduga SDM Minim Pengetahuan

Tulangbawang Barat – (Sbuai.com)

Pemilihan Penyedia Pengadaan Barang/Jasa di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) tahun anggaran 2021 diduga Sumber Daya Manusia (SDM) Minim pengetahuan. Pasalnya, dari penetapan metode pemilihan penyedia dalam beberapa Paket belanja Konstruksi dan belanja barang, dilakukan dengan cara Penunjukan Langsung.

Dari beberapa Rencana Umum Pengadaan (RUP) Barang/Jasa milik Dinkes Tubaba tahun anggaran 2021, yang tayang pada Aplikasi Sitem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Kabupaten Tubaba, Pemilihan Penyedia dilakukan dengan Metode Petunjukan Langsung yakni; Belanja Jasa Konsultansi sebanyak 4 Paket dengan jumlah total Pagu Rp.98 juta, Belanja Barang sebanya 3 paket dengan jumlah total Pagu Rp.341 juta, dan Belanja Konstruksi sebanyak 4 Paket dengan total pagu Rp.520 juta.

Sementara, dari 11 paket tersebut, tidak masuk dalam criteria yang metode pemilihan penyedia dilakuakan dengan cara Penunjukan langsung, sesuai dengan ketentuan dalam Perpres no.12 tahun 2021 tentang pengadaan barang/jasa.

Baca juga :  Fauzi Hasan Harapkan Musrenbangcam Tubaudik Tergagas Program Sesuai Kebutuhan

Pada pasal 38 dalam Perpres No.12 tahun 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa, dengan jelas mengatur tentang ketentuan dalam penetapan pemilihan penyedia pengadaan barang/jasa. Pada ayat (1) dalam pasal tersebut disebutkan Metode Pemilihan Penyedia Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa lainy terdiri dari 5 jenis, dan salah satunya yakni Penunjukan Langsung.

Selanjutnya pada ayat (4) dalam Pasal 38 tersebut, dikatakan Penunjukan Langsung sebagaimana dimaksud padaq ayat (1) dilaksanakan untuk Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa lainya dalam keadaan tertentu. Dan kemudian pada ayat (5) dalam pasal tersebut, bahkan dijabarkan Kriteria Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainya untuk keadaan tertentu yakni ada 8 kriteria.Dalam metode Penunjukan langsung tidak dibatasi dengan besaran pagu anggaran anggaran, hanya dilakukan berdasarkar jenis kereterianya.

Penunjukan Langsung, sementara Penunjukan Langsung adalah Metode Pemilihan Penyedia Barang/Jasa dengan menunjuk langsung 1 Penyedia barang/jasa yang memenuhi sarat. Dan Penujukan Langsung dapat dilakukan dalam keadaan tertentu dan / pengadaan barang Khusus/ Jasa khusus.

Baca juga :  Tanggulangi Dampak Covid-19 Tiyuh Marcu Buana Bangun Posco Dan Salurkan Bantuan Dana Pada Warga Setempat Sebagai Penerima

Berdasarkan Pepres Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan RUP Dinkes Tubaba, jenis dan besaran pagu anngaran pada 11 paket tersebut, seharusnya metode pemilihan penyedia yang ditetapkan oleh PPK dengan cara Pengadaan Langsung, karna nilai pagu pada ke11 paket tersebut dibawah Rp 200 juta.

Penunjukan Langsung yang terjadi diluar yang tgelah di tetapkan dqalam Perpres adalah illegal. Dan dalam penetapan Metode Penunjukan Langsung, biasanya diikuti dengan penggelembungan harga dengan tujuan untuk memberikan “V” yang diberikan Penyedia Barang/Jasa kepada Pejabat yang menunjuk.

PLH Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tubaba, Eka Riyana ketika ditanyakan Via pesan Whasp, alasanya menetapkan metode Penunjukan Langsung Pada ke 11 Paket tersebut, itu sudah sesuai dengan ketentuan di dalam Perpres Pengadaan Barang Karna nilai pagu anggaran nya tidak lebih dari 200 juta. Dan itu Sesuai dengan perpres no.12 tahun 2021 tentang perubahan perpres no.16 tahun 2018, Jum’at (19/03/2021).  (M/F)

Share :

Baca Juga

Tulang Bawang Barat

Bangun Sinergitas Plh Kapolres Tubaba Silaturahmi Ke Kantor FW-MTB

Tulang Bawang Barat

Utamakan Keselamatan, SMA N 1 Gunung Terang Perketat Penerapan Protokol Kesehatan

Tulang Bawang Barat

Jelang Perayaan Nataru Pasien Covid Di Tubaba Kembali Bertambah

Tulang Bawang Barat

TP PKK Lambu Kibang Sosialisasi Dengan Bagi Sayuran

Tulang Bawang Barat

Masuki Musim Penghujan Petani Sawah Di Tubaba Mulai Tanam Padi

ADVETORIAL

Rehap Ruang Guru SD N 01 Indraloka Jaya Dari DAK Fisik 2020 Hampir Rampung

Tulang Bawang Barat

Rapid Test 59 Orang Pejabat Pemkab Tubaba Non Reaktif

Tulang Bawang Barat

Seorang Ibu Beranak Dua Di Tubaba Tewas Diperkosa
error: IZIN DULU BOSS