Home / Tulang Bawang Barat

Selasa, 16 Februari 2021 - 17:20 WIB - 168 Pembaca

Pengelolaan Dana Bumdes Tiyuh Lesung Bhakti Jaya Sejumlah Rp.200 Jutaan Dipertanyakan

Tulangbawang Barat – (Sbuai.com)

Pengelolaan Dana Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Maju Bersama Tiyuh Lesung Bhakti Jaya, Kecamatan Lambu Kibang, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) sejumlah Rp.200. jutaan diduga berunsur kepentingan Pengurus Bumdes. Pasalnya, dari keterangan Ketua Bumdes dan masyarakat pengelola unit usaha sangat berbanding terbalik, dan mengarah pada dugaan pengelolaan dana untuk keuntungan para Pengurus.

Berdasarkan document yang berhasil dihimpun Sbuai.com diketahui bahwa Bumdes Maju Sejehatera Tiyuh tersebut telah menerima kucuran dana Penyertaan Modal dalam dari Dana Desa tiap tahun anggaranya. Besaran dana Penyertaan modal tersebut diantaranya yakni sebesar Rp.80.000.000,- pada tahun anggaran 2015, dan penyertaan Modal Tiyuh Rp.112.000.000,- pada tahun anggaran 2016.

Kemudian Bumdes tersebut kembali menerima dana Penyertaan Modal BUMdes senilai Rp.27.467.618,- di tahun anggaran 2017. Selanjutnya, Penyertaan Modal Tiyuh di tahun anggaran 2018  senilai Rp.35.682.462,-, serta Penyertaan modal Tiyuh sebesar Rp.11.141.398,- pada tahun anggaran 2019. Dan seluruh dana yang dikelola oleh Bumdes berjumlah Rp.200 jutaan.

Ditemui dikediamanya Selasa (16/02/2021), Burhan Ketua Bumdes Maju Bersama Tiyuh Lesung Bhakti Jaya, Lambu Kibang, Tubaba, membenarkan informasi terkait dana Bumdes dari Penyertaan Modal Tiyuh tersebut. Dan ia mengakui jika besaran dana yang ia terima tidak seluruhnya sejumlah nilai seluruh dana modal Bumdes tersebut.

“saya sendiri terhitung baru menjabat sejak awal tahun 2019 lalu, dan memang betul kalo ada penyertaan modal dari Tiyuh untuk Bumdes kami tersebut. Akan tetapi, yang saya terima berupa dana kes hanya sebesar Rp.20.000.000,- pada awal saya resmi menjabat dulu. Dan sisa lainya itu saya terima hanya berupa laporan saja, dengan nilai sekitar Rp.200.”, Kata Burhan.

Baca juga :  Jelang Pelantikan Calon Kades Di Tubaba Dapat Pembekalan

Selanjutnya Burhan mengatakan bahwa masa kepemimpinanya, telah berdiri unit usaha baru yakni Ternak Sapi dengan penanggung jawabnya Pak Soleh, dan Ternak Ikan. Menurutnya kedua usaha tersebut telah dijalankan sesuai prosedur dan sukses melibatkan beberapa Masyarakat yang kini telah melanjutkan usaha ternaknya secara mendiri.

“Alhamdulillah Unit usaha baru Bumdes kita saat ini berjalan lancar dan berhasil merangkul beberapa warga masyarakat kita. Meskipun sempat terkendala kematian pada awal dulu, saat ini sudah ada 7 (tujuh) warga kita yang sudah terbantu dan beternak mandiri karna pernah ikut dalam usaha ternak Sapi dengan system Gaduh (bagi dua hasil) kita ini”, tutur Nya.

 Namun anehnya, keterangan tersebut justru berbanding terbalik dengan keterangan dari Pak Soleh selaku penanggung jawab usaha ternak Sapi tersebut. Saat ditemui terpisah di kediamanya, Pak soleh justru mengatakan bahwa Sapi-sapi tersebut saat ini berjumlah 4 (empat) ekor. Dan Sapi tersebut dipelihara oleh orang yang sama dari awal sampai saat ini, dengan penambahan 1 (satu) orang baru untuk memelihara 1(satu) ekor sapi tambahan.

Baca juga :  Pengunjung Taman Pasar Di Tubaba Sayangkan Sampah Daun Berserakan

“benar mas saya adalah pengelola Unit ternak Sapi milik Bumdes Tiyuh ini. Saat ini semuanya berjumlah 4 (empat) ekor karna ada penambahan baru 1 (satu) ekor tahun lalu. Dan untuk 3 (ekor) Sapi yang dari awal berdirinya unit usaha ini, allhamdulillah masih di kelola oleh warga kita yang semula mengelolanya dari awal”, kata Soleh.

Dari pernyataan penanggungjawab pengelola unit usaha Sapi tersebut, terlihat adanya kejanggalan dalam pengelolaan Dana Bumdes Maju Bersama Tiyuh Lesung Bhakti Jaya yang mengarah pada dugaan pengelolaan untuk keuntungan para Pengurus Bumdes semata. Hal tersebut bahkan diduga juga terjadi pada pengelolaan unit usaha lainya yakni Jasa Sewa Kursi dan Perlengkapan Hajatan, dan Unit usaha Simpan Pinjam, serta usaha bahan bangunan. Bahkan pada keterangan Ketua Bumdes sebelumnya, mengatakan Unit baru semasa jabatanya berupa Ternak Ikan, melibatkan Dirinya selaku peternak kolam ikan tersebut yang mengurusnya langsung dengan salah satu masyarakat.

Pihak Pemerintah Tiyuh Lesung Bhakti Jaya, Lambu Kibang, Tubaba, belum dapat ditemui guna diminta konfirmasi terkait Penyertaan Modal, hingga peran dalam mendukung keberhasil pelaksanaan dalam pengelolaan Dana Bumdes tersebut. Baik Kepalo Tiyuh, maupun Juru Tulisnya belum dapat ditemui dan sedang tidak berada di Rumah. (iw)

Share :

Baca Juga

Tulang Bawang Barat

Pemkab Tubaba Kick Off Vaksin Sinovac Tahap Dosis Kedua

ADVETORIAL

Kabupaten Tubaba Terbaik Wilayah Barat Pengelolaan DAK Air Minum 2019

Tulang Bawang Barat

Warga Penumangan Harapkan Lampu Penerangan Jalan Di Pemda Tubaba

Tulang Bawang Barat

Sambut Mahasiswa KKS, Umar Ahmad Sampaikan Sejumlah Pesan

Tulang Bawang Barat

Bangun Sinergitas Plh Kapolres Tubaba Silaturahmi Ke Kantor FW-MTB

Tulang Bawang Barat

SDN 03 Marga Kencana Matangkan Persiapan Pembelajaran Secara Tatap Muka

Tulang Bawang Barat

Pamsimas Salah Satu Tiyuh Di Kapaten Tubaba Diprotes Warga

NASIONAL

Program Padat Karya Tunai Dalam Pengelolaan Dana Desa Di Tiyuh Wilayah Kabupaten Tubaba Diduga Kangkangi Juklak Dan Juknis
error: IZIN DULU BOSS