Home / NASIONAL / Tulang Bawang Barat

Minggu, 13 September 2020 - 10:39 WIB - 96 Pembaca

Pekerja Konstruksi Rangka Atab Baja Ringan Proyek Pekerjaan Bangunan Sekolah Wilayah Tubaba Diduga Pakai Baja Ringan Tak Ber Standar

Tulangbawang Barat – (Sbuai.com)

Baja ringan yang digunakan dalam pekerjaan Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan proyek pekerjaan gedung beberapa Sekolah, dari DAK Fisik Pendidikan tahun 2020 oleh CV.Dua Surya Trust, dan CV.Dua Putri, diduga tidak sesuai dengan Permendikbud No.11 tahun 2020.

Dalam Permendikbud No.11 tahun 2020, ketentuan tentang pengunaan bahan dan material untuk pekejaan bangunan sekolah, merupakan hal yang sudah memiliki ketetapan seperti yang dijabarkan dalam Lampiran I nya, tentang petunjuk operasional dana alokasi khusu bidang pendidikan tahun anggaran 2020.

Isi Lampiran 1 tersebut, dengan jelas menyebutkan ketentuan terkait penggunaan bahan bahan ber standar SNI profil rangka atap baja ringan, untuk pekerjaan Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan. Selanjutnya, disebutkan pula bahwa Konstruksi Rangka Atab Baja (Kab) tersebut, yang meliputi beberapa bagian yakni Kuda-kuda, Nok, Gording, Usuk dan Reng, dan Balok Tembok. Kemudian dijelaskan bahwa Baja Ringan untuk tiap bagian tersebut bersertifikast SNI dan bergaransi minimal 10 tahun untuk produk Baja Ringan terpasang.

Ketentuan dalam Peraturan tersebut, diduga kuat telah dilanggar oleh pihak Penyedia jasa yang ikut terlibat sebagai pelaksana Konstruksi Rangka Atap Baja ringan dalam Proyek DAK Fisik Pendidikan tahun 2020 di Tubaba. Pasalnya, di beberapa Sekolah pada bagian Konstruksi Rangka Atab Baja ringan, masih didapati Baja Ringan dengan Kode bukan SNI 8399:2017, dan bahkan tanpa Kode SNI.

Baca juga :  Pengerjaan Sejumlah Proyek Pembangunan Tiyuh Margo Mulyo Dipertanyakan

Pada SD N 1 Mulya Kencana, Kecamatan Tuba tengah, Tubaba, yang tengah mengerjakan Proyek bangunan dari DAK Fisik Pendidikanya dengan jumlah Rp.819. jutaan, didapati menggunkan Baja Ringan tanpa ada Kode SNI untuk bagian Reng Konstruksi rangka atab baja ringanya.

“yang mengerjakan pekerjaan atab baja ringan pada proyek bangunan kita ini, itu Pak Ujang dan Pak Arip. Tapi kalo untuk nama Perusahaanya, saya tidak ingat”, terang Meri Kepala SDN 1 Mulya Kencana, Tuba tengah, Tubaba, beberapa waktu lalu.

Kemudian di SMP N 1 Gunung Agung, Tubaba, yang juga tengah mengerjakan Proyek beberapa bangunan dari DAK Fisik Pendidikan berjumlah Rp.1,5 milyaran,  didapati Baja Ringan dengan Kode SNI 4096:2007. Dan Baja Ringan tersebut digunakan pada bagian Kuda-kuda, Usuk, dan Gording Kontruksi rangka atap baja ringanya.

“yang mengerjakan Rangka Atap Baja ringan dalam proyek kita di sekolah kita ini, itu Pak Arip. kalo tidak salah nama Perusahaanya itu CV.Dua Putri”, tutur Dace Solehudin Kepala SMP N 1 Gunung agung beberapa waktu lalu.

Baca juga :  Dugaan Masalah Pada Tender Proyek Pembangunan Tugu Simpang Penawar Lanjutan Milik Dinas PUPR Tulang Bawang Tahun 2020 Beraroma Persekongkolan Elit Petinggi

Di konfirmasi melalui selulernya. Minggu (13/9/2020) Ujang menyangkal, bahwasanya pekerjaan yang berlangsung di SDN 1 Mulya Kencana, Dikerjakan oleh Arif.

Sementara, Ujang menjelaskan bahwasanya yang pihaknya kerjakan tepatnya di SDN 1 Penumangan baru dan di SDN 3 Penumangan Baru.
Bahkan Ujang mengakui Bahwasanya pada Pemasangan Reng rangka baja pada pembangunan tersebut, menggunakan Reng baja ringan tanpa Kode SNI dan Tidak bermerk.
Akan tetapi, Ujang akan menanyakan terlebih dahulu kepada perusahaan atau pabrik rangka baja SUNPLUS tempat dia membeli.

Lebih lanjut Ujang menegaskan, dari keseluruhan pemasangan konstruksi rangka atap baja ringan ujang mengaku di hargai Rp 145.000/M2.

” 145000. Itu sudah keseluruhan karena memang sudah di uraikan” kata ujang.

Ketika di mintai keterangan, apakah mereka pernah di berikan RAB oleh pihak sekolah, Ujang mengaku bahwa Belum pernah ada RAB yang di berikan oleh pihak sekolah kepada pihaknya.

” Kami hanya hanya di berikan harga borongan, dari harga material, upah tukang dan ongkos pasang, seluruhnya Rp.145,000″ Kata Ujang”. (R/M)

Share :

Baca Juga

Tulang Bawang Barat

Kornelia Umar Buka Acara Seminar Kesehatan IBI Di Tubaba

NASIONAL

Balik Dari Kalimantan Barat 1 Keluarga Di Tulang Bawang Fositif Covid-19

NASIONAL

BLT Dampak Covid Di Kampung Wilayah Kabupaten Tulang Bawang Diduga Tidak Tepat Sasaran

Tulang Bawang Barat

Proyek Jembatan Tengah Berlangsung Warga Berharap Hasil Tidak Mengecewakan

NASIONAL

Polisi Olah TKP Kasus Perampokan Bersenjata Api Yang Viral

Tulang Bawang Barat

Jelang Perayaan Nataru Pasien Covid Di Tubaba Kembali Bertambah

NASIONAL

Padat Karya Tunai Di Tubaba Diduga Jadi Bancakan Kepalo Tiyuh Untuk Meraup Keuntungan

Tulang Bawang Barat

ISSI Tulangbawang Barat Segera Dikukuhkan
error: IZIN DULU BOSS