Home / NASIONAL / Tulang Bawang Barat

Minggu, 13 September 2020 - 10:39 WIB - 447 Pembaca

Pekerja Konstruksi Rangka Atab Baja Ringan Proyek Pekerjaan Bangunan Sekolah Wilayah Tubaba Diduga Pakai Baja Ringan Tak Ber Standar

Tulangbawang Barat – (Sbuai.com)

Baja ringan yang digunakan dalam pekerjaan Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan proyek pekerjaan gedung beberapa Sekolah, dari DAK Fisik Pendidikan tahun 2020 oleh CV.Dua Surya Trust, dan CV.Dua Putri, diduga tidak sesuai dengan Permendikbud No.11 tahun 2020.

Dalam Permendikbud No.11 tahun 2020, ketentuan tentang pengunaan bahan dan material untuk pekejaan bangunan sekolah, merupakan hal yang sudah memiliki ketetapan seperti yang dijabarkan dalam Lampiran I nya, tentang petunjuk operasional dana alokasi khusu bidang pendidikan tahun anggaran 2020.

Isi Lampiran 1 tersebut, dengan jelas menyebutkan ketentuan terkait penggunaan bahan bahan ber standar SNI profil rangka atap baja ringan, untuk pekerjaan Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan. Selanjutnya, disebutkan pula bahwa Konstruksi Rangka Atab Baja (Kab) tersebut, yang meliputi beberapa bagian yakni Kuda-kuda, Nok, Gording, Usuk dan Reng, dan Balok Tembok. Kemudian dijelaskan bahwa Baja Ringan untuk tiap bagian tersebut bersertifikast SNI dan bergaransi minimal 10 tahun untuk produk Baja Ringan terpasang.

Ketentuan dalam Peraturan tersebut, diduga kuat telah dilanggar oleh pihak Penyedia jasa yang ikut terlibat sebagai pelaksana Konstruksi Rangka Atap Baja ringan dalam Proyek DAK Fisik Pendidikan tahun 2020 di Tubaba. Pasalnya, di beberapa Sekolah pada bagian Konstruksi Rangka Atab Baja ringan, masih didapati Baja Ringan dengan Kode bukan SNI 8399:2017, dan bahkan tanpa Kode SNI.

Baca juga :  Rehap Ruang Guru SD N 01 Indraloka Jaya Dari DAK Fisik 2020 Hampir Rampung

Pada SD N 1 Mulya Kencana, Kecamatan Tuba tengah, Tubaba, yang tengah mengerjakan Proyek bangunan dari DAK Fisik Pendidikanya dengan jumlah Rp.819. jutaan, didapati menggunkan Baja Ringan tanpa ada Kode SNI untuk bagian Reng Konstruksi rangka atab baja ringanya.

“yang mengerjakan pekerjaan atab baja ringan pada proyek bangunan kita ini, itu Pak Ujang dan Pak Arip. Tapi kalo untuk nama Perusahaanya, saya tidak ingat”, terang Meri Kepala SDN 1 Mulya Kencana, Tuba tengah, Tubaba, beberapa waktu lalu.

Kemudian di SMP N 1 Gunung Agung, Tubaba, yang juga tengah mengerjakan Proyek beberapa bangunan dari DAK Fisik Pendidikan berjumlah Rp.1,5 milyaran,  didapati Baja Ringan dengan Kode SNI 4096:2007. Dan Baja Ringan tersebut digunakan pada bagian Kuda-kuda, Usuk, dan Gording Kontruksi rangka atap baja ringanya.

“yang mengerjakan Rangka Atap Baja ringan dalam proyek kita di sekolah kita ini, itu Pak Arip. kalo tidak salah nama Perusahaanya itu CV.Dua Putri”, tutur Dace Solehudin Kepala SMP N 1 Gunung agung beberapa waktu lalu.

Baca juga :  TP PKK Lambu Kibang Sosialisasi Dengan Bagi Sayuran

Di konfirmasi melalui selulernya. Minggu (13/9/2020) Ujang menyangkal, bahwasanya pekerjaan yang berlangsung di SDN 1 Mulya Kencana, Dikerjakan oleh Arif.

Sementara, Ujang menjelaskan bahwasanya yang pihaknya kerjakan tepatnya di SDN 1 Penumangan baru dan di SDN 3 Penumangan Baru.
Bahkan Ujang mengakui Bahwasanya pada Pemasangan Reng rangka baja pada pembangunan tersebut, menggunakan Reng baja ringan tanpa Kode SNI dan Tidak bermerk.
Akan tetapi, Ujang akan menanyakan terlebih dahulu kepada perusahaan atau pabrik rangka baja SUNPLUS tempat dia membeli.

Lebih lanjut Ujang menegaskan, dari keseluruhan pemasangan konstruksi rangka atap baja ringan ujang mengaku di hargai Rp 145.000/M2.

” 145000. Itu sudah keseluruhan karena memang sudah di uraikan” kata ujang.

Ketika di mintai keterangan, apakah mereka pernah di berikan RAB oleh pihak sekolah, Ujang mengaku bahwa Belum pernah ada RAB yang di berikan oleh pihak sekolah kepada pihaknya.

” Kami hanya hanya di berikan harga borongan, dari harga material, upah tukang dan ongkos pasang, seluruhnya Rp.145,000″ Kata Ujang”. (R/M)

Share :

Baca Juga

NASIONAL

Pemilihan Penyedia Pekerjaan Tugu Simpang Penawar Lanjutan Dengan Pagu Rp3,8 Milyar Oleh PPK Dinas PUPR Tuba Diduga Sarat Permainan

Tulang Bawang Barat

Camat Tuba Tengah Salurkan Bantuan Pada Warga Sakit Menahun Di Tubaba

ADVETORIAL

Kunker Di Tubaba, Dharma Wanita Provinsi Lampung Beri Sejumlah Pembinaan

ADVETORIAL

Cegah Covid-19 Dinas PUPR Kabupaten Tubaba Sedia Tempat Mencuci Tangan Dan Bagikan Ribuan Masker

Tulang Bawang Barat

Polres Tubaba Bersama Pemkab Setempat Bagikan Ribuan Bibit Sayuran

NASIONAL

Bila Ada Perpisahan Pasti Ada Pertemuan

NASIONAL

Wabah Virus Corona Pedagang Di Pasar Wilayah Tubaba Manfaatkan Media Sosial

ADVETORIAL

Tubaba Bakal Jadi Lokasi Pengembangan Tanaman Pengganti Beras
error: IZIN DULU BOSS