Home / NASIONAL / Tulang Bawang Barat

Senin, 15 Juni 2020 - 18:33 WIB - 16 Pembaca

Padat Karya Tunai Di Tubaba Diduga Jadi Bancakan Kepalo Tiyuh Untuk Meraup Keuntungan

Tulang Bawang Barat – (Sbuai.com)

Pembayaran upah sebesar 30 %dari nilai pembangunan infrastruktur, pada pelaksanaan program padat karya tunai tahun anggaran 2018 dan 2019 di Kabupaten Tulang Bawang Barat diduga menjadi bancakan kepala Tiyuh untuk meraup keuntungan.

Pasalnya, pelaksanaan pembangunan inprastruktur di Tiyuh Kagungan Ratu, Kecamatan Tulang Bawang Udik dan Tiyuh Candra Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah yang menggunakan Dana Desa (DD) tersebut di pihak ketiga atau diborongkan, hal itu tidak sesuai dengan petunjuk teknis penggunaan DD tahu 2018 untuk padat karya tunai.

Berdasarkan, dokumen yang diperoleh Media sbuai.com. didapati beberapa item kegiatan pembangunan Infrastruktur dari DD di Tiyuh Kagungan Ratu pada tahun 2018 dengan total anggaran sebesar Rp. 618,2 juta, dengan rincian kegiatan sebagai berikut : pelaksanaan pembangunan Desa
pembangunan/rehabilitasi/peningkatan sanitasi permukiman (gorong-gorong, selokan, parit, dll., diluar prasarana jalan) sebesar Rp. 37,4 jt, Pembangunan/rehabilitasi/peningkatan sistem pembuangan air limbah (drainase, air limbah rumah tangga) sebesar Rp. 25,1 jt, Pembangunan/rehabilitasi/peningkatan/pengerasan jalan desa Rp. 104,8 jt, pembangunan/rehabilitasi/peningkatan/pengerasan jalan desa Rp. 328,8 jt, pembangunan/rehabilitasi/peningkatan gedung/prasarana Kantor Desa Rp. 122,1 jt.

Pada tahun anggaran 2019 anggaran untuk pembangunan infrastruktur dari dana desa, tahap I dan tahap II sebesar Rp. 368,8 juta, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
pembangunan/rehabilitasi/peningkatan/pengerasan jalan desa dengan pagu Rp. 114,0 jt, penentuan/penegasan/pembangunan batas/patok tanah desa Rp 7,2 jt, Pembangunan/rehabilitasi/peningkatan sarana dan prasarana kepemudaan dan olah raga milik desa Rp. 207,2 jt, dan pembangunan/rehabilitasi/peningkatan prasarana jalan desa (gorong-gorong, selokan, box/slab culvert, drainase, prasarana jalan lain) sebesar Rp. 40,4 jt.

Dari keterangan dan pengakuan sekertaris Tiuh Kagungan Ratu Samsul menerangkan bahwa, pembangunan inprastruktur pada tahun anggaran 2018 dilakukan sesuai denga petunjuk teknis penggunaan dana desa untuk padat karya, akan tetapai ada dua kegiatan yaitu Pembangunan/rehabilitasi/peningkatan/pengerasan jalan desa Rp. 104,8 jt dan pembangunan/rehabilitasi/peningkatan/pengerasan jalan desa Rp. 328,8 jt, pembayaran upah pekerja dilakukan berdasarkan satuan volume hasil pekerjaan yang telah dikerjakan.

Baca juga :  Pemkab Tubaba Sambut Program Gubernur Lampung Untuk Para Petani Setempat

“Kalau untuk pembangunan sarana prasarana Pemuda dan olahraga nya melibatkan masyarakat setempat dan kita bayarkan secara mingguan, kalau untuk pembukaan badan jalan dibayarkan Rp. 13.000/meter, dan kalau untuk pemecah batunya kita bayarkan per kubik, sesuai juknis” tutur Samsul diruang kerjanya kemarin (15/6/2020).

Pembayara upah pekerja program padat karya tunai dalam pembangunan inprastruktur Tiuh dihitung dengan cara harga satuan volume pekerjaan juga terjadi pada Tiuh Candra Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, pada tahun 2018 yaitu pekerjaan sistem Pembuangan Air Limbah (Drainase, Air limbah Rumah Tangga)Rp. 137,7 jt, dan pada tahun anggaran 2019 pada Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengerasan Jalan Usaha Tani Pembangunan Jalan Usaha Tani Rp. 27,6 jt.

” Yang masuk dalam kegiatan swakelola padat karya Tiyuh kita itu pembukaan jalan usaha tani, dan drainase tapi yang di masuk swakelola padat karya tunainya Galian Siring, untuk pembayaran upah pekerja kita bayarkan per meter, kalau tidak salah per meter galian kita bayar 40,000/meter” kata, Kusno Kepala Tiyuh Candra Jaya.

Kusno menjelaskan bahwa mekanisme pembayaran upah pekerja pada kegiatan pembangunan inprastruktur pada tahun 2018 yaitu pekerjaan sistem Pembuangan Air Limbah (Drainase, Air limbah Rumah Tangga)Rp. 137,7 jt, dan pada tahun 2019 yaitu Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengerasan Jalan Usaha Tani Pembangunan Jalan Usaha Tani Rp. 27,6 jt, dibayarkan berdasarkan satuan volume pekerjaan atau satuan harga upah dibayarkan berdasar satuan volume.
dibayarkan secara hitung hasil alias upah pekerjanya diborongkan.

Baca juga :  SDN 03 Marga Kencana Matangkan Persiapan Pembelajaran Secara Tatap Muka

Menurut, Kusno pembayaran upah pekerja yang dilakukan berdasarkan satuan volume pekerjaan pelaksanaan kegiatan swakelola padat karya tunai di Tiuhnya sudah sesuai ketentuan, jadi tidak ada masalah.

Sudah sangat jelas pembayara upah pekerja dalam program padat karya tunai di Tiuh Candra Jaya dan Tiuh Kagungan Ratu, para pekerj dibayarkan dengan menghitung volume pekerjaan yang dihasilkan tersebut sudah jelas tidak sesuai dengan aturan yang ada dan tidak sesuai dengan petunjuk teknis penggunaan dana desa untuk padat karya tunai tahun 2018.

Dalam petunjuk teknis tersebut sudah sangat jelas ditegaskan bahwa pemenuhan penggunaan dana desa untuk pembangunan desa paling sedikit 30% (tiga puluh persen) wajib digunakan untuk membayar upah masyarakat dalam rangka menciptakan lapangan kerja di desa. upah pekerja atau membiayai hari orang kerja (HOK). perhitungan HOK sendiri adalah 1 (satu) orang pekerja akan bekerja 8 jam dalam satu hari.

Jadi satuan upah pekerja disebut HOK, dalam satu HOK samadengan 8 jam kerja, artinya pembayaran upah berdasarkan satuan HOK bukan berdasarkan satuan volume pekerjaan yang dihasilkan para pekerja.

Bisa dipastikan cara pembayaran upah pekerja yang dilakukan Tiuh Candra Jaya dan Tiuh Kagungan Ratu pada program padat karya tunai, sangat jelas merugikan para pekerja (masyarakat) perbuatan kedua tiuh tersebut terindikasi menguntungkan orang lain atau diri sendiri, sehingga berpotensi merugikan keuangan negara. (M/M)

Share :

Baca Juga

Tulang Bawang Barat

Perempuan Di Tubaba Dapat Rapid Test Gratis Dan Diberi Bingkisan

Tulang Bawang Barat

Nonton Youtube, Emak-emak Di Panaragan Menfaatkan Sampah Plastik

Tulang Bawang Barat

Malam Pergantian Tahun Ratusan Warga Penumangan Baru Datangi Balay Tiyuh Setempat

Tulang Bawang Barat

Pamsimas Salah Satu Tiyuh Di Kapaten Tubaba Diprotes Warga

Tulang Bawang Barat

Bangun Sinergitas Plh Kapolres Tubaba Silaturahmi Ke Kantor FW-MTB

Tulang Bawang Barat

Mahasiswa KKS Di Tubaba Berikan Bimbel Matematika

Tulang Bawang Barat

Lipan Lampung; Inspektorat Harus Periksa Proyek Pamsimas Jika Tidak Ada Main

ADVETORIAL

Rehap Ruang Guru SD N 01 Indraloka Jaya Dari DAK Fisik 2020 Hampir Rampung
error: IZIN DULU BOSS