Home / Tulang Bawang

Jumat, 21 Februari 2020 - 13:17 WIB - 43 Pembaca

Musrenbangcam Distan Tulang Bawang Paparkan Program Unggulan Kerja

Tulangbawang (Sbuai.com)

Dinas Pertanian Kabupaten Tulangbawang melakukan pemaparan program – Program unggulan kegiatan Dinas Pertanian tahun anggaran 2020 pada acara Musrembang tingkat Kecamatan di kec Meraksa Aji dan Kecamatan Dente Teladas belum lama ini.

Kepala Dinas Pertanian KabupatenTulangbawang Ir. Sumarno, menjelaskan Program yang menjadi unggulan Dinas pertanian saat ini yaitu SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani), peremajaan kelapa sawit pekebun, Pajale, dan Program SIWAB, Sumarno juga menjelaskan tentang aturan reorganisasi Gapoktan, bahwa kepengurusan Gapoktan berlaku selama 5 tahun yang diatur dalam AD/ART, Terang Sumarno Saat menghadi Musrembang di Kecamatan Dente Teladas, baru- baru ini.

Dengan adanya program – program unggulan Pertanian tahun ini, saya berharap dapat meningkatkan hasil produksi pertanian di Kabupaten Tulangbawang, dengan hasil produksi pertanian yang melimpah, otomatis akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan para petani di Kabupaten Tulangbawang.

Saya berharap para petani dapat memanfaatkan program – program pemerintah khususnya dalam bidang pertanian dengan baik, sehingga maksud dan tujuan dari program pertanian yang dilaksanakan nantinya dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan kita, sehingga masyarakat Tulangbawang lebih kemakmuran dan sejahtera, harap Sumarno.

Di akhir pemaparannya, Sumarno menyampaikan bahwa Gapoktan di Kecamatan Dente Teladas harus segera melakukan reorganisasi. Untuk penetapan kepengurusan Gapoktan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas dan penetapan kepengurusan Poktan akan ditetapkan dengan Keputusan Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan, ujarnya.

Baca juga :  Bain HAM Provinsi Lampung Desak Pemda Tuba Usut Tuntas Dugaan Masalah Dalam Tender Proyek Milik Dinas PUPR Setempat

Ditempat yang berbeda Nur Khasanah, S.P., M.M, Kepala Bidang Perkebunan yang mewakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tulangbawang pada kegiatan Musrembang di Kecamatan Meraksa Aji memaparkan Program peremajaan kelapa sawit pekebun, yang merupakan salah satu program unggulan Dinas pertanian, dalam membantu para petani kebun kelapa sawit yang tanamannya tidak berproduksi dengan baik, dimana buah sawit yang dihasilkan tidak maksimal.

Dengan adanya program peremajaan kelapa sawit pekebun, Para petani sawit yang akan melakukan peremajaan akan mendapatkan bantuan dana hibah sebesar Rp 25 juta/ hektar, dengan usulan luas lahan maksimal 4 (empat) hektar/ kepala keluarga, dana tersebut merupakan dana hibah dari Badan Pengelola Dana Kelapa sawit (BPDPKS), harap Nur Khasanah.

Untuk kreteria kelapa sawit yang dapat diajukan para petani untuk di lakukan peremajaan itu sendiri yaitu, Tanaman kelapa sawit yang telah memasuki usia replanting yaitu usia 25 tahun, tanaman kelapa sawit usia produktif 7-20 tahun namun diketahui memiliki produktivitas kurang dari 10 ton/hektar/tahun, dan Tanaman kelapa sawit usia 2 tahun namun diketahui bibitnya berasal dari bibit yang tidak unggul.

Nur Khasanah berharap dengan adanya bantuan dana hibah dari BPDPKS untuk peremajaan kelapa sawit pekebun, para petani pekebun kelapa sawit di Kabupaten Tulangbawang yang akan melakukan peremajaan dapat terbantukan. Bibit kelapa sawit yang nantinya akan digunakan para petani dalam program peremajaan kelapa sawit ini, harus memakai bibit yang berkualitas baik, sehingga hasil produksi buah tanaman kelapa sawit milik petani dapat lebih meninggkat.

Baca juga :  Dinkes Tuba Penuhi Sarpras Dalam Upaya Penangan Pendemi Covid-19 Dengan Maksimal

Dengan adanya program peremajaan tanaman kelapa sawit ini, saya berharap tidak ada lagi kebun kelapa sawit milik warga yang tidak produktif, atau produksi buah kelapa sawit milik warga tidak maksimal, jadi para petani yang memiliki kebun kelapa sawit yang bibit atau usia atau produksi buahnya tidak sesuai tonase yang didapat dalam per tahun, dapat mengajukan ke Dinas Pertanian untuk mengajukan bantuan peremajaan tanaman sawit miliknya, ujar Nur Khasanah kepada warga Kecamatan Meraksa Aji.

Hadir dalam Acara Musrenbang tingkat kecamatan di Kecamatan Meraksa Aji, Teguh Jayadi, Anggota DPRD Kabupaten Tulangbawang,  Bappeda Litbang Kabupaten Tulangbawang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pemberdayaan Kampung dan Kelurahan, Dinas Pertanian,  Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Camat Meraksa Aji, Sekcam Meraksa Aji, BPK se Kecamatan Meraksa Aji, Kepala BPP dan Penyuluh Pertanian Kecamatan Meraksa Aji. (Hr)

Share :

Baca Juga

ADVETORIAL

Ketua DPRD Tuba Apresiasi Kinerja Pemda Setempat Atas Diraihnya Predikat WTP Yang Ke-6

ADVETORIAL

Adv; Kabupaten Tulang Bawang Matangkan Raperda Kabupaten Layak Anak

Tulang Bawang

Polres Tuba Gelar Rakor Tanggap Bencana Alam Dengan Sejumlah Pihak

Tulang Bawang

1.637 Tenaga Honorer Di Lingkup Pemkab Tuba Tunggu Informasi Dari Pusat

Tulang Bawang

LSM SIKHAM Minta Aparat Hukum Usut Tuntas Dugaan Mark’up Harga Material Kegiatan BSPS

Tulang Bawang

Tiga tahun program BMW berjalan lancar, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang gelar syukuran dan do’a bersama.

ADVETORIAL

Proyek Jalan Poros Andalas Cermin Wujud Singkronisasi Program RSMW

Tulang Bawang

Polisis Indentifikasi Penemuan Mayat Pria Paruh BayaDi Tulang Bawang
error: IZIN DULU BOSS