Home / PEMBANGUNAN DESA / Tulang Bawang Barat

Sabtu, 7 Desember 2019 - 06:10 WIB - 25 Pembaca

Filosofi Nama Desa, Tiyuh Pagar Buana Di Tubaba Bangun Tiga Tugu Icon

Tubaba-(Sbuai.com) Tiyuh Pagar Buana, Kecamatan Way Kenanga, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) bangun sejumlah Icon dengan Filosofi nama Desa. Icon tersebut yakni Tugu Singa, Monumen Tugu Gajah,  dan Monumen Tugu Harimau.

Ditemui di kediamanya, Sabtu (7/12/2019)  Hendro Juru tulis Tiyuh Pagar Buana, Way Kenanga, Tubaba, mengatakan bahwa tahun 2019 ini telah dibangun beberapa Icon Desa. Dan secara keseluruhan Icon tersebut dibangun dengan dasar filosofi dari nama Tiyuh itu sendiri.

“Tahun ini ada 3 tugu mas, Monumen Tugu sepasang Gajah di perempatan SMP, Tugu sepasang Harimau di Tama Desa, dan Tugu Singa di Perempatan poros Tiyuh. Dan itu semua kami bangun dengan filosofi dari nama Pagar Buana sendiri”, kata Hendro.

Lebih lanjut Dirinya menceritakan bahwa Pagar Buana merupakan istilah dalam bahasa terdahulu. Dan bercermin dari istilah, Masyarakat berharap agar Pagar Buana dapat lebih maju lagi kedepannya.

“Singa, Gajah, dan Harimau, itu merupakan penjaga penjaga hutan. Dan Buana sendiri dalam istilah moyang kita merupakan Hutan. Jadi kami berharap dari filosofi tentang Kebijaksanaan Gajah, Kepemimpinan Singa, serta Ketegas Harimau dapat membawa Tiyuh Pagar Buana menjadi lebih baik lagi kedepannya”, paparnya. (Red)

Share :

Baca Juga

ADVETORIAL

Fauzi Hasan Wakil Bupati Tubaba Buka Musrenbang Kabupaten Tahun 2020

Tulang Bawang Barat

Pengunjung Taman Pasar Di Tubaba Sayangkan Sampah Daun Berserakan

Tulang Bawang Barat

Mengaku Dikasari Suami Warga Bandar Dewa Lapor Polisi

Tulang Bawang Barat

Pemkab Tubaba Sosialisasi Pilkaty Gelombang III

Tulang Bawang Barat

Roadshow Safari, Budiman Jaya Tegaskan Pentingnya Koordinasi Dalam Dunia Pendidikan

NASIONAL

Padat Karya Tunai Di Tubaba Diduga Jadi Bancakan Kepalo Tiyuh Untuk Meraup Keuntungan

ADVETORIAL

Tanggulangi Dampak Covid-19 Tiyuh Marcu Buana Bangun Posco Dan Salurkan Bantuan Dana Pada Warga Setempat Sebagai Penerima

Tulang Bawang Barat

Senin Besok, Tubaba Mulai Tanam Perdana Program PKSP Di Mulya Kencana
error: IZIN DULU BOSS