Home / Tulang Bawang

Rabu, 17 Maret 2021 - 15:09 WIB - 46 Pembaca

Eks Sekwan DPRD Tuba Dituntut Hukuman 42 Bulan Penjara.

Tulangbawang (Sbuai.com)

Mantan Sekertaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulangbawan (Tuba) Badrudin dituntut 3 tahun dan 6 bulan penjara serta dengan pidana denda Rp.100 juta subsidair 4 bulan kurungan.

Menurut Jaksa Penuntut Umum (JPU) Hendra Dwi Gunanda dalam persidangan Ketiga eks pegawai Sekertariat DPRD Tulangbawang dituntut berbeda atas penyelewengan anggaran kegiatan wakil rakyat, yang digelar secara telekonfrensi di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, kemarin (17/3/2021).

Pada persidangan JPU Hendra menyampaikan kepada Majelis Hakim Ketua Siti Insirah bahwa ketiga terdakwa yaitu Badruddin mantan Sekwan, Nurhadi mantan Bendahara Pengeluaran, dan Syahbari mantan PPTK Pelayanan Administrasi Perkantoran Sekertarit terbukti melakukan tindak pidana menyalahkan wewenang yang mengakibatkan kerugian negara.

Sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 3 juncto pasal 18 Undang – Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001, tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan Tipikor juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Baca juga :  DPRD Tulang Bawang Gelar Paripurna Tingkat II Pembahasan Raperda APBD-P 2020

Hendra meminta kepada Majelis Hakim agar menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Badruddin untuk dijatuhi hukuman pidana penjara selama 3 tahun dan 6 bulan dengan pidana denda Rp.100 juta subsidair 4 bulan kurungan,” tegas Hendra.

Hendra menambahkan terdakwa Badruddin diwajibkan membayar sisa uang pengganti yang belum dibayarkan sebesar Rp.711 juta.

Dengan ketentuan jika tidak dibayarkan maka harta bendanya akan disita jika tak menyukupi diganti dengan penjara selama satu tahun dan tiga bulan.

Hendra pun meminta kepada Majelis Hakim agar menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Nurhadi dengan hukuman pidana penjara selama 2 tahun dan 6 bulan, dengan denda sebanyak Rp.100 juta, subsidair 4 bulan kurungan, serta diwajibkan membayar sisa Uang Pengganti yang belum dibayarkan sebesar Rp.350 juta, tegas Hendra.

Baca juga :  Dugaan Proyek DAK Fisik Bidang Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang TA 2019 Berpotensi Pada Kerugian Keuangan Negara Makin Menguat

Dengan ketentuan jika tidak dibayarkan maka harta bendanya akan disita jika tak menyukupi diganti dengan penjara selama satu tahun dan tiga bulan, imbuhnya.

Hendra melanjutkan, terhadap terdakwa Syahbari agar dijatuhi hukuman pidana penjara selama empat tahun, dengan denda sebanyak Rp.100 juta dan subsidair 4 bulan kurungan, serta diwajibkan membayar sisa Uang Pengganti yang belum dibayarkan sebesar Rp.2.038.322.650, tegas Hendra.

Atas tuntutan tersebut ketiga terdakwa diberikan kesempatan untuk melakukan pembelaan secara tertulis oleh MajelisĀ  Hakim Ketua pada pekan depan.

Share :

Baca Juga

Tulang Bawang

DPRD Tulang Bawang Paripurna Bahas Raperda Kabupaten Layak Anak

Tulang Bawang

Penggunaan Baja Ringan Yang Tak Ber-SNI 8399:2017 Untuk Konstruksi Atap Gedung Sekolah DAK Fisik Pendidikan Di Tulang Bawang TA 2019 Berpotensi Rugikan Keuangan Negara/Daerah

ADVETORIAL

Bupati Tulang Bawang Facus Group Discussion Bersama Litbang Kemendagri Secara Virtual

Tulang Bawang

Peduli Penghijauan Polres Tulang Bawang Tanam 5000 Pohon

Tulang Bawang

Dukung Kriteria Kabupaten Layak Anak, 30 Perusahaan Di Tuba Bentuk Asosiasi

Tulang Bawang

Polres Tuba Gelar Upacara Ziarah Dan Tabur Bunga Jelang Peringatan Hari Bhayangkara

Tulang Bawang

Tekab 308 Polres Tuba Berhasil Tangkap Buronan Curas Area PT. SIL

Tulang Bawang

Amankan Misa Natal Polres Tuba kerahkan ratusan personil gabungan.
error: IZIN DULU BOSS