Home / Tulang Bawang Barat

Kamis, 27 Februari 2020 - 04:43 WIB - 47 Pembaca

Dukung Kecintaan Pada Budaya, Mahasiswa KKS Di Tubaba Gelar Kontestasi Budaya

Tulangbawang Barat (Sbuai.com)

Mahasiswa Kuliah Kerja Sosial (KKS) Institut Agama Islam Ma’arif (IAIM) Nahdlatul Ulama (NU) Metro, menggelar kegiatan Kontestasi Budaya Lokal se-Kecamatan Tulangbawang Tengah (Tbt), Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Rabu (26/2/2020) di Balay Kecamatan Tbt.

Kagiatan tersebut merupakan salah satu bagian yang juga tertuang dalam tugas KKS Mahasiswa. Dan dengan melibatkan masyarakat dari berbagai unsur, diyakini kegiatan tersebut juga dapat memperkuat silaturahmi serta kecintaan pada Budaya.

Pada bagian Seni rupa dan Musik Tradisi, Ansyori dipercaya sebagai Juri. Selanjutnya Khoirul Juri pada bagian Tari dan Koreografi, serta Bhika Ariyanto selaku Juri Seni Handicraft. Dan hadir pula dalam Acara tersebut Camat Tbt, perwakilan dari Tiap Tiyuh peserta Kegiatan, serta Tokoh Adat dan Masyarakat setempat.

Baca juga :  Program Padat Karya Tunai Dalam Pengelolaan Dana Desa Di Tiyuh Wilayah Kabupaten Tubaba Diduga Kangkangi Juklak Dan Juknis

“Kegiatan ini merupakan perlombaan yang kita selenggarakan untuk seluruh Tiyuh (Desa) dan kelurahan yang ada di Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Kami Mahasiswa KKS bersama perwakilan masyarakat di masing-masing Tiyuh menampilkan berbagai macam kebudayaan lokal, seperti tarian, lagu klasik, dan lainnya”, kata Handi, Koordinator Kecamatan KKS IAIM NU Metro disela-sela berlangsungnya Kegiatan tersebut.

Terpisah salah Tokoh Pemuda Tiyuh Panaragan, Tbt, Tubaba, mengapresiasi para Mahasiswa KKS yang meng-inisiasi kagiatan itu. Menurutnya akan banyak hal positif yang akan didapat oleh para pemuda Tubaba.

“ Kalo sudah tumbuh kebersamaanseperti ini, saya yakin kami para Pemuda bisa saling berkoordinasi dan bahkan bisa lebih mengenal satu sama lain hingga Adat dan Budaya kita. Dan bagi para Juara, ayo terus kita lestarikan apa yang menjadi ciri khas kita”, tutur Risman Anshari Ketua Karang Taruna Tiyuh Panaragan.

Baca juga :  Kunker Di Tubaba, Dharma Wanita Provinsi Lampung Beri Sejumlah Pembinaan

Kemudian dalam Kegiatan tersebut, Penampilan terbaik 1 adalah Tiyuh Panaragan dengan Tari Kreasi yang diiringi syair Lampung dan petikan gitar tunggal Lampung.  Dan Penampilan Terbaik 2 adalah Tiyuh Bandar Dewa, dengan Kesenian Klasik Lampung, serta Tiyuh Menggala Mas sebagai terbaik 3 dengan Penampilan Kesenian Teater/Drama. Selanjutnya Para  Pemenang tersebut dijadwalkan tampil kembali pada Puncak KKS IAIM NU Metro di Sessat Agung pada 1 Maret 2020 mendatang. (Rls/Og-Kmf)

Share :

Baca Juga

Tulang Bawang Barat

Penyebar Video Asusila Di Facebook Ditangkap Polisi

ADVETORIAL

Bupati Tubaba Terima SK Penetapan Kuota JBT dan JBKP Tahun 2021 Dari BPH-Migas

Tulang Bawang Barat

Pererat Sinergi Kemitraan Pj Sekkab Tubaba Silaturahmi Dengan AJO DPC Tubaba

ADVETORIAL

Kunker Di Tubaba, Dharma Wanita Provinsi Lampung Beri Sejumlah Pembinaan

Tulang Bawang Barat

Pauzi Hasan Launching Program Kota Tanpa Kumuh Di Tubaba

Tulang Bawang Barat

Polres Tubaba Akan Mulai Operasi Lilin Krakataw

Tulang Bawang Barat

Umar Ahmad Hadiri Grand Opening BeningNET Di Tiyuh Pulung Kencana

Tulang Bawang Barat

Malam Pergantian Tahun Ratusan Warga Penumangan Baru Datangi Balay Tiyuh Setempat
error: IZIN DULU BOSS