Home / Tulang Bawang

Minggu, 28 Maret 2021 - 10:57 WIB - 28 Pembaca

Dinstan Tuba Kungker PT. Bina Sawit Makmur, Untuk Mendukung Program Peremajaan Sawit di Tuba.

Tulangbawang (Sbuai.com)

Dinas Pertanian Kabupaten Tulangbawang melalui, Kepala Bidang Perkebunan, Nur Khasanah, S.P.,M.M. dan jajarannya melakukan kunjungan kerja ke PT. Bina Sawit Makmur di Kampung Surya Adi Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (24/03/2021).

Kunjungan ini dimaksudkan sebagai upaya pemenuhan ketersediaan bibit sawit untuk mendukung Program Peremajaan Kelapa Sawit Kabupaten Tulangbawang Tahun 2021.  Untuk mengetahui ketersediaan dan kualitas bibit sawit tersebut, Kabidbun beserta Tim Pendamping Kabupaten, Pendamping Kecamatan, dan Pendamping Desa Program PSR, Ketua dan anggota Gapoktan Sidojaya Kecamatan Penawartama melakukan kunjungan ke PT. Sawit Makmur.

Baca juga :  Polres Tuba Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Krakatau 2020

PT. Bina Sawit makmur ini merupakan anak perusahaan Sampoerna Agro yang begerak pada pembibitan kelapa sawit yang berdiri sejak Tahun 1992.  Bibit-bibit unggulan kelapa sawit produksi PT. BSM berasal dari pohon induk yang teruji kemampuannya untuk menurunkan DxP Sriwijaya.

Didukung sumber genetik unggul dan program pemuliaan yang mantap, PT. BSM memproduksi 6 (enam) varietas unggul kelapa sawit.  Keenam varietas tersebut diberi nama DxP Sriwijaya 1 (Nigeria), Sriwijaya-2 (ghana), Sriwijaya-3 (Ekona), Sriwijaya-4 (Avros), Sriwijaya-5 (Dami Composit) dan Sriwijaya-6 (Yangambi).

Baca juga :  Pemkab Tuba Dapat Bantuan Satu unit Mobil Bus Sekolah dari Mentri Perhubungan.

Dari ke-enam varietas tersebut, Gapoktan Sidojaya selaku calon penangkar bibit sawit yang turut hadir di acara tersebut memilih Varietas Sriwijaya-5 (Dami Composit) sebagai varietas kelapa sawit yang akan dikembangkan di Kabupaten Tulangbawang.  Pilihan ini diambil dengan pertimbangan bahwa varietas ini lebih sesuai dengan karakteristik lahan dan alam Kabupaten Tulangbawang dan juga populasi atau jumlah tanaman lebih banyak per satuan hektar lahan karena memiliki karakteristik dahan pendek.

Share :

Baca Juga

Tulang Bawang

Masalah Tender Proyek Tugu Simpang Penawar Lanjutan, PUPR Tuba Diduga Ancam Blacklist PT. KGA

Tulang Bawang

Bapenda Tuba Optimalisasi Monitoring Dan Evaluasi Capaian Target PBB-P2

ADVETORIAL

Hj. Winarti Akan Bedah 300 Rumah Warga Yang Tidak Layak Huni

Tulang Bawang

Kunker Bupati Tuba Di Kecamatan Penawar Aji Sekaligus Monitoring BMW

Tulang Bawang

Tinjau Lokasi Banjir BPBD Tulang Bawang Himbaw Warga Untuk Waspada

ADVETORIAL

Cegah Penyebaran Covid-19 Bupati Tulang Bawang Keluarkan Kebijakan Delapan Instruksi

Tulang Bawang

Pelaksanaan Pekerjaan Preservasi Drinase TA 2021 di Tuba, tidak sesuai SE Dirjen BM No 8/SE/2020.

Tulang Bawang

Petugas Monitoring BBPJN Provinsi Lampung Akui Paket Rp.197 Milyar, kegiatan Padat Karya.
error: IZIN DULU BOSS