Home / Tulang Bawang

Kamis, 18 Juni 2020 - 08:37 WIB - 14 Pembaca

Dinkes Tuba Penuhi Sarpras Dalam Upaya Penangan Pendemi Covid-19 Dengan Maksimal

Tulang Bawang – (Sbuai.com)
Satuan Kerja (satker) Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang, patut mendapat apresiasi dalam melakukan Pemenuhan segala kebutuhan Sarana dan Prasarana, dalam upaya percepatan penanganan Pandemi Covid-19 di Sai Bumi Nengah Nyappur, dengan menyesuaikan kebijakan Pemerintah Pusat.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Fatoni, didampingi Sekertaris Lasmini dan Kabid Sumber Daya Kesehatan Solihin mengatakan, Dinas Kesehatan berupaya memanfaatkan anggaran yang tersedia  dalam anggaran 2020 baik APBD maupun APBN.
Menurut Fatoni, untuk dana dari APBN dalam hal ini Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kesehatan merupakan salah satu anggaran yang dipertahankan untuk tetap dilaksanakan dengan disesuaikan kebutuhan pencegahan dan penanganan covid-19.
“Namun dalam hal ini Pemkab Tulangbawang mengambil langkah cepat untuk penyediaan anggaran pencegahan dan penanganan Covid-19 Kabupaten Tulangbawang dengan melakukan pergeseran mendahului perubahan  APBD-2020 SKPD Dinas Kesehatan sejumlah Rp. 5,9 Milyar,” jelasnya.
Anggaran tersebut, lanjut Fatoni, dialokasikan untuk jenis kegiatan transportasi dan akomodasi tim, pengadaan Bahan Habis pakai berupa obat, alkes, APD dan sarana prasarana lain yang diperlukan dalam pencegahan dan penanganan covid-19 di Kabupaten Tulangbawang. Sampai saat ini realisasi anggaran tersebut sudah melebihi 50%.
“Dengan dilakukan pergeseran tersebut, dinas kesehatan masih tetap mempertahankan kegiatan kegiatan yang telah direncanakan terkait 25 program BMW. Seperti pengadaan Ambulance Kampung, Insentif dan transportasi kader kesehatan, walaupun volume kegiatan tersebut dipertimbangkan untuk dikurangi,” paparnya.
Sedangkan pemenuhan Sarana dan prasarana Puskesmas dan Jaringan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN 2020 tetap dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku.
Adapun sarana prasarana yang akan diadakan yakni, pengadaan alat kesehatan untuk 18 Puskesmas, pengadaan mobil ambulance untuk 3 puskesmas, pengadaan unit mobil promosi kesehatan, pengadaan unit mobil ambulance PSC, pemeliharaan atau rehap Puskesmas untuk 3 lokasi.
“Pelaksanaan kegiatan tersebut saat ini dalam proses tender, dan pengiriman barang untuk kegiatan yang melalui metode e-perchusing,” tandasnya. (E/M)

Share :

Baca Juga

Tulang Bawang

Satu Tersangka Pencurian Mobil Di Tuba Berhasil Diringkus

Tulang Bawang

Pemkab Tuba Dapat Bantuan Satu unit Mobil Bus Sekolah dari Mentri Perhubungan.

ADVETORIAL

DPRD Tulang Bawang Gelar Rapat Paripurna Pembicaraan Tingkat II Atas 11 Raperda

Tulang Bawang

Dugaan Proyek DAK Fisik Bidang Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang TA 2019 Berpotensi Pada Kerugian Keuangan Negara Makin Menguat

Tulang Bawang

Pasien Covid-19 Di Tulang Bawang Bertambah 7 Orang

Tulang Bawang

Polsek Rawa Pitu Indentifikasi Korban Meninggal Di Aliran Sungai

Tulang Bawang

Jelang Hut Kabupaten, Polres Tuba Bersama MUI Setempat Adakan Baksos Dan Ruqiah

Tulang Bawang

Jelang Pilkakam Serentak Polres Tuba Dan TNI Patroli Gabungan
error: IZIN DULU BOSS