Home / Tulang Bawang Barat

Kamis, 30 Januari 2020 - 12:17 WIB - 67 Pembaca

Dinas Pertanian Tubaba Priyoritaskan Tiga Tanaman Pangan Di 2020

Tulangbawang Barat (Sbuai.com)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat, Melalui Dinas Pertanian Setempat tetap mempriyoritaskan tiga Tanaman Pagan. Padi, Jagung, dan Kedelai, merupakan bagain dari Program Peningkatan Pagan di tahun 2020.
Kepala Dinas Pertanian Tubaba, melelui Yayit Zamhuri Kabid Tanaman Pangan dan Holtikulturanya, saat ditemui diruangan kerjanya Kamis, (30/1/2020) mengatakan bahwa ketiga jenis Priyoritas kerja tersebut, tersebar di beberapa lokasi Wilayah Tubaba.
“Ketiga Tanaman khusus Pangan ini terbagi diberbagai Kecamatan. Tanaman Padi hampir delapan ribu hektar di Tumijajar, Tulangbawang Tengah dan Tulangbawang Udik. Karna memang lokasi ini di Wilayah kita yang didukung dengan irigasi dari Wayrarem”, kata Dia.
Kemudian untuk Tanaman Jagung, Yayit mengatakan bahwa itu tersebut di hampir seluruh Wilayah di Tubaba. Hal tersebut menurutnya karna Jagung merupakan jenis Pagan yang terbilang sudah dikenali oleh Masyarakat Tubaba.
“Untuk Jagung, semua Kecamatan itu ada. Karna memang pengelolaanya yang terbilang ringan, dan hampir semua Petani sudah mengetahui pengelolaanya. Dan Kedelai sendiri itu terpusat di Kecamatan Gunung Agung. Insya allah antara bulan 3 sampai 4 tahun ini, 20 hektare Kedelai kita sudah di panen”, paparnya.
Disamping ketiga jenis Pangan tersebut, Yayit juga mengatkan bahwa Pemkab Tubaba terus berupaya untuk pengembangan Tanaman jenis lain. Dan usaha tersebut, melalui pihak Pertanian kini mulai pada tahap penjajakan.
 “kita lagi mencari inspektor dari pusat untuk masuk ke Tubaba. Dinama nanti bisa mengolah Ubi selain tepung tapioka. Dan mungkin bisa juga membuat tepung mokap ,itanol dan pemanis buatan, nantinya”, tutup Yayit. (F)

Share :

Baca Juga

Tulang Bawang Barat

Jalan Dekat Taman Bambu Lambu Kibang Dikeluhkan Warga

ADVETORIAL

Umar Ahmad Umumkan Kesembuhan Tiga Pasien Covid-19 Di Tubaba

Tulang Bawang Barat

Polres Tubaba Do’a Bersama Jelang Pilkaty Serentak

Tulang Bawang Barat

Dukung Kecintaan Pada Budaya, Mahasiswa KKS Di Tubaba Gelar Kontestasi Budaya

Tulang Bawang Barat

Dana Bumdes Tiyuh Margajaya Indah Diduga Dipergunakan Oleh Kepalo Tiyuh

Tulang Bawang Barat

BPT Se-Kecamatan Gunung Terang Tubaba Ikuti Pelatihan Dan Pembekalan Di Dua Lokasi

Tulang Bawang Barat

Camat Tbt Dampingi Rombongan TP-PKK Tubaba Kunjungi Anak Lumpuh Layu

Tulang Bawang Barat

Tingkatkan Sinergitas Batang Tubuh, LMP Tubaba Sillaturahmi Ke LMP Provinsi
error: IZIN DULU BOSS