Home / Tulang Bawang

Selasa, 10 Maret 2020 - 15:38 WIB - 37 Pembaca

Diduga Tidak Sesuai RAB, Pekerjaan Konstruksi Atap Proyek DAK Fisik Bidang Pendidikan T.A 2019 Di Kabupaten Tulang Bawang Terdapat Selisih Biaya

Tulang Bawang – (Sbuai.com)

Proyek DAK Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2019 di Kabupaten Tulang Bawang diduga sarat penyimpangan. Dari dugaan adanya penggunaan Material yang tidak sesuai dengan ketentuan, hingga pelaksanaan yang menyalahi Petunjuk Teknis, pada Pekerjaan Konstruksi atab diduga tidak sesuai dengan Rincian Anggaran Biaya (RAB) Perencanaan.

Dugaan penggunaan Material tak ber-SNI pada pekerjaan Konstruksi atap Bangunan Gedung yang  menyalahi ketentuan dalam Permendikbud No.1 tahun 2019 tentang petunjuk oprasional DAK Fisik Bidang Pendidikan tahun 2019, dan Permen PUPR No.22 PRT/M/2018 tentang pedoman tehknis Pembangunan Bangunan Negara, makin menguat denga dugaan biaya pekerjaan yang tidak sesuai dengan Rincian Anggaran Biaya (RAB) Pihak Konsultan Perencana.

Salah satu Pihak pekerja pada pekerjaan konstruksi atap Bangunan Proyek DAK Fisik Bidang Pendidikan tahun 2019 di Tulang Bawang yang namanya tidak ingin disebutkan, mengatakan telah menyelesaikan pekerjaanya. Menurutnya kegiatan tersebut ia kerjakan sesuai dengan Surat Perjanjian Kerja (SPK) antara Pihaknya dengan Pihak Sekolah.

 “Memang benar kami salah satu Pihak yang berperan dalam pekerjaan Proyek DAK Fisik Bidang Pendidikan tahun 2019 lalu di Wilayah kita. Namun, peran kami hanya pada bagian Pekerjaan Atab Bangunan sesuai dengan Surat Perjanjian Kerja (SPK) antara Kami dengan Pihak Sekolah”, ucapnya.

Baca juga :  Pemkab Tulang Bawang Fokus Lanjutkan Pembangunan Dua Icon Kabupaten Setempat

Lanjut Dia SPK tersebut memuat berbagai ketentuan dalam bekerja, berikut besaran biaya dan volume pekerjaan konstruksi atab. Terkait RAB pekerjaan konstruksi atab yang dibuat oleh Pihak Konsultan Perencana, dirinya mengaku jika tidak pernah melihat apalagi diberikan dan yang ia ketahui hanyalah harga yang diberikan oleh Pihak sekolah sesuai dengan besaran nilai didalam SPK.

“Sesuai SPK yang kami pegang, besaran Biaya yang dibayarkan oleh Pihak Sekolah kepada kami itu sebesar Rp.145.000,- per M2 untuk jasa berikut material pada pekerjaan konstruksi atap banguan di Sekolah. Nilai itu penawaran Pihak Sekolah yang disertai dengan gambar pekerjaan atap yang akan kami kerjakan, dan kami tidak tau itu sesuai dengan RAK Konsultan Perencana ataw tidak”, tuturnya.

Ketika ditanyai lebih lanjut terkait harga satuan dalam SPK yang diberikan oleh Pihak Sekolah, jika dikerjakan dengan  profil Baja Ringan ber-SNI, dirinya tidak menyanggupi. Pasalnya harga di pasaran yang ia ketahui untuk pekerjaan konstruksi atab dengan Material Baja Ringan berprofil SNI, lebih berkisar di angka dua ratus ribuan per m2.

Baca juga :  Dukung Kriteria Kabupaten Layak Anak, 30 Perusahaan Di Tuba Bentuk Asosiasi

“Kalo ikut biaya di SPK minta dikerjakan dengan Material Baja Ringan berprofil SNI, sudah pasti Kami tolak karna tidak akan mampu. Karna setau kami biaya untuk pekerjaan konstruksi atab bangunan dipasaran itu berkisar di angka Rp.205.000,- sampai Rp.210.000,- untuk volume per M2”, paparnya.

Dari keterangan salah satu Pihak pekerja konstruksi atab pada Proyek DAK Pendidikan tersebut, diduga kuat Pekerjaan konstruksi atab Bangunan Proyek DAK Bidang Pendidikan tahun 2019 di Kabupaten Tulang Bawang tidak sesuai dengan RAB dalam document Perencanaan Pihak Konsultan. Hal ini semakin memperkuat dugaan permasalahan yang ada, hingga adanya kelebihan biaya pekerjaan sebesar Rp.60.000,- sampai Rp.70.000,- tiap M2 volume pekerjaan tersebut. (El)

Share :

Baca Juga

DAERAH

Penggunaan APBD menjadi alasan Dinas Pendidikan Tuba Kang kangi Peraturan.

Tulang Bawang

Peduli Penghijauan Polres Tulang Bawang Tanam 5000 Pohon

Tulang Bawang

Musrenbangcam Distan Tulang Bawang Paparkan Program Unggulan Kerja

Tulang Bawang

Polsek Penawartama Tangkap Dua Pelaku Curas Terhadap Karyawan Indomaret

Tulang Bawang

Operasi Cempaka Krakatau 2019 Polres Tulang Bawang Berakhir

Tulang Bawang

Lanjutkan Pembangunan, Hj. Winarti Pimpin Sosialisasi Tatanan New Normal

Tulang Bawang

Pemerintah Kabupaten Tuba adakan webinar UMKM dan Ekonomi Produktif

Tulang Bawang

Dinas PUPR Tuba Tetap Fokus Pada Peningkatan Infrastruktur Dan RPJMD 2017-2022
error: IZIN DULU BOSS