Home / Tulang Bawang Barat

Minggu, 14 Februari 2021 - 12:23 WIB - 434 Pembaca

Dana Bumdes Tiyuh Margajaya Indah Diduga Dipergunakan Oleh Kepalo Tiyuh

Tulangbawang Barat – (Sbuai.com)

Dana aset penyertaan modal Tiyuh guna pengelolaan Bumdes Indah Jaya Makmur Tiyuh Margajaya Indah, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), diduga dipergunakan oleh Kepalo Tiyuh setempat. Hal tersebut, berdasarkan penuturan dari Ketua Bumdes setempat yang mengaku hanya mengelola dana sebesar Rp.5.000.000,- (lima juta rupiah).

Dari document yang berhasil dihimpun Sbuai.com, diketahui bahwa pada tahun anggaran 2016 dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Tiyuh/Desa (APBDes) Tiyuh Margajaya Indah, Kecamatan Pagar Dewa, Tubaba telah mengganggarkan dana sebesar Rp.96.000.000,- guna Penyertaan Modal Tiyuh, yang diduga dipergunakan untuk pengelolaan Bumdes setempat.

Bahkan tidak hanya disitu, guna menunjang keberlangsungan dari operasi/pengelolaan Bumdes Tiyuh Margajaya Indah kembali di tahun anggaran 2019, bahkan menganggarkan dana sebesar Rp.3.280.000,- untuk keperluan Pelatihan manajement/Pengelolaan BUM Tiyuh tersebut.

Baca juga :  Bupati Tulang Bawang Facus Group Discussion Bersama Litbang Kemendagri Secara Virtual

Namun aneh, dari penuturan Ketua BUM Tiyuh Marga Jaya Indah, pagar Dewa, Tubaba, Ibu Winarsih yang ditemui pada Minggu, (14/02/2021) dikediamnaya, justru mengatakan hal yang justru berbeda. Bahkan saat disinggung terkait besaran Modal sebagai Aset dari Bumdes yang ia ketuai, Bu Winarsih enggan berkomentar dan menyaran untuk menemui Kepalo Tiyuh.

“saya ini baru menjabat sebagai Ketua Bumty Indah Jaya Makmur, Tiyuh Margajaya Indah ini karna ketua yang dulu telah meninggal dunia. Terhitung sekitar sejak bulan 7 tahun 2020 lalu saya menjabat atas usulan kawan-kawan ibu-ibu PKK. Dan maaf, kalo urusan yang sebelum saya, saya tidak bias berkomentar banyak, enaknya ke pak Kepalo langsung dulu”, kata Winarsih di kediamanya.

Ditanyai lebih lanjut terkait ketentuan soal peran dan pengelolaan Bumdes tersebut dengan Tiyuh, Winarsih enggan menjawab. Dirinya justru mengatakan bahwa dalam masa kepemimpinanya, Pihaknya cukup kelabakan mengelola dana dari Tiyuh, sehingga ia mengatakan berkemungkinan untuk mengundurkan Diri dari jabatan Ketua Bumdes tersebut.

Baca juga :  Dinilai Bernuasa Klasik Pintu Kantor Pemda Tubaba Diapresiasi

“saya juga sepertinya mau mundur mas, walawpun kami sudah membuka unit usaha baru yakni Beras, tapi ya masih saja kelabakan. Semasa saya, kami hanya mengelola dana sebesar Rp.5.000.000,- untuk usaha Galon Air, jual beli beras. Dan saat ini, keduanya dalam keadaan sulit. Kalo soal informasi lain-lain, baiknya sampean nemuin Pak Sholekhan Kepalo Tiyuh kita dulu”, terang Winarsih.

Terpisah Sholekhan Kepalo Tiyuh Margajaya Indah, Kecamatan Pagar Dewa, Tubaba, belum dapat ditemui guna di mintai Konfirmasi terkait kepengelolaan dari dana desa dalam kepengelolaan Bumdes Tiyuh tersebut. Ditemui dikediamanya, yang bersangkutan sedang tidak berada dirumah. (iw)

Share :

Baca Juga

ADVETORIAL

Pemkab Tubaba Melalui Dinas Kesehatan Berikan Bantuan Pada Warga Terdampak Covid Di Dua Kecamatan

Tulang Bawang Barat

Jelang Akhir 2019, Pemkab Tubaba Rotasi 89 Pejabat Setempat

Tulang Bawang Barat

Polres Tubaba Akan Mulai Operasi Lilin Krakataw

NASIONAL

Jum’at Berbagai Lesehan Asri -Tumijajar Diserbu Puluhan Masyarakat

Tulang Bawang Barat

Pemkab Tubaba Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilihan Kepalo Tiyuh Pada Mei Mendatang

Tulang Bawang Barat

Pasien Covid RSUD Tubaba Ada Yang Selesai Menjalani Isolasi

Tulang Bawang Barat

Rapid Test 59 Orang Pejabat Pemkab Tubaba Non Reaktif

ADVETORIAL

Peringati Hut Ke-12 Pemkab Tubaba Gelar Lomba Pakaian Adat Lampung Megow Pak
error: IZIN DULU BOSS