Home / Tulang Bawang Barat

Minggu, 14 Februari 2021 - 12:23 WIB - 341 Pembaca

Dana Bumdes Tiyuh Margajaya Indah Diduga Dipergunakan Oleh Kepalo Tiyuh

Tulangbawang Barat – (Sbuai.com)

Dana aset penyertaan modal Tiyuh guna pengelolaan Bumdes Indah Jaya Makmur Tiyuh Margajaya Indah, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), diduga dipergunakan oleh Kepalo Tiyuh setempat. Hal tersebut, berdasarkan penuturan dari Ketua Bumdes setempat yang mengaku hanya mengelola dana sebesar Rp.5.000.000,- (lima juta rupiah).

Dari document yang berhasil dihimpun Sbuai.com, diketahui bahwa pada tahun anggaran 2016 dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Tiyuh/Desa (APBDes) Tiyuh Margajaya Indah, Kecamatan Pagar Dewa, Tubaba telah mengganggarkan dana sebesar Rp.96.000.000,- guna Penyertaan Modal Tiyuh, yang diduga dipergunakan untuk pengelolaan Bumdes setempat.

Bahkan tidak hanya disitu, guna menunjang keberlangsungan dari operasi/pengelolaan Bumdes Tiyuh Margajaya Indah kembali di tahun anggaran 2019, bahkan menganggarkan dana sebesar Rp.3.280.000,- untuk keperluan Pelatihan manajement/Pengelolaan BUM Tiyuh tersebut.

Baca juga :  Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan Proyek DAK Fisik Pendidikan Kabupaten Tubaba T.A 2020 Diduga Tak Berprofil SNI

Namun aneh, dari penuturan Ketua BUM Tiyuh Marga Jaya Indah, pagar Dewa, Tubaba, Ibu Winarsih yang ditemui pada Minggu, (14/02/2021) dikediamnaya, justru mengatakan hal yang justru berbeda. Bahkan saat disinggung terkait besaran Modal sebagai Aset dari Bumdes yang ia ketuai, Bu Winarsih enggan berkomentar dan menyaran untuk menemui Kepalo Tiyuh.

“saya ini baru menjabat sebagai Ketua Bumty Indah Jaya Makmur, Tiyuh Margajaya Indah ini karna ketua yang dulu telah meninggal dunia. Terhitung sekitar sejak bulan 7 tahun 2020 lalu saya menjabat atas usulan kawan-kawan ibu-ibu PKK. Dan maaf, kalo urusan yang sebelum saya, saya tidak bias berkomentar banyak, enaknya ke pak Kepalo langsung dulu”, kata Winarsih di kediamanya.

Ditanyai lebih lanjut terkait ketentuan soal peran dan pengelolaan Bumdes tersebut dengan Tiyuh, Winarsih enggan menjawab. Dirinya justru mengatakan bahwa dalam masa kepemimpinanya, Pihaknya cukup kelabakan mengelola dana dari Tiyuh, sehingga ia mengatakan berkemungkinan untuk mengundurkan Diri dari jabatan Ketua Bumdes tersebut.

Baca juga :  Warga Penumangan Harapkan Lampu Penerangan Jalan Di Pemda Tubaba

“saya juga sepertinya mau mundur mas, walawpun kami sudah membuka unit usaha baru yakni Beras, tapi ya masih saja kelabakan. Semasa saya, kami hanya mengelola dana sebesar Rp.5.000.000,- untuk usaha Galon Air, jual beli beras. Dan saat ini, keduanya dalam keadaan sulit. Kalo soal informasi lain-lain, baiknya sampean nemuin Pak Sholekhan Kepalo Tiyuh kita dulu”, terang Winarsih.

Terpisah Sholekhan Kepalo Tiyuh Margajaya Indah, Kecamatan Pagar Dewa, Tubaba, belum dapat ditemui guna di mintai Konfirmasi terkait kepengelolaan dari dana desa dalam kepengelolaan Bumdes Tiyuh tersebut. Ditemui dikediamanya, yang bersangkutan sedang tidak berada dirumah. (iw)

Share :

Baca Juga

Tulang Bawang Barat

Fauzi Hasan Buka Turnamen Sepak Bola “Bupati CUP 2020” Jelang Hut Ke-11 Kabupaten Tubaba

NASIONAL

Wabah Virus Corona Pedagang Di Pasar Wilayah Tubaba Manfaatkan Media Sosial

ADVETORIAL

DPRD Tulang Bawang Barat Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2019

Tulang Bawang Barat

Pilkaty se-Tubaba Kemungkinan Terlaksana Di Akhir 2020

Tulang Bawang Barat

Tiyuh Jaya Murni Tubaba Bangun Rigit Beton Dengan Anggaran Dana Desa

Tulang Bawang Barat

SDN 03 Marga Kencana Matangkan Persiapan Pembelajaran Secara Tatap Muka

Tulang Bawang Barat

Pererat Sinergi Kemitraan Pj Sekkab Tubaba Silaturahmi Dengan AJO DPC Tubaba

Tulang Bawang Barat

Proyek Jembatan Tengah Berlangsung Warga Berharap Hasil Tidak Mengecewakan
error: IZIN DULU BOSS