Home / NASIONAL / Tulang Bawang

Minggu, 7 Juni 2020 - 07:29 WIB - 390 Pembaca

BLT Dampak Covid Di Kampung Wilayah Kabupaten Tulang Bawang Diduga Tidak Tepat Sasaran

Tulangbawang (Sbuai.com)

Pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dampak Covid 19 oleh pusat dan Dana Desa di Kampung Agung Dalem Kecamatan Banjar Margo Tulangbawang menuai masalah diduga banyak dari Masyarakat miskin didaerah tersebut tidak mendapatkan BLT.

Sukur yang merupakan anggota BPK di Kampung Agung Dalem mengatakan bahwa pembagian BLT yang berada di Kampung Tersebut mengatakan ada sekitar 100 Kepala Keluarga (Kk) yang layak mendapatkan bantuan disini tidak mendapatkan bantuan tersebut.

,”Disini banyak sekali tumpang tindih, ada warga yang sudah meninggal namanya muncul, kemudian ada beberapa warga yang mampu pun mendapatkan BLT,” Kata Sukur.

Sukur menambahkan guna menyikapi hal tersebut dalam waktu dekat pihaknya bersama warga berencana akan mendatangi Dinas Sosial guna menanyakan Hal tersebut.

,”Iya kami berencana akan menanyakan kepada Dinas Sosial, untuk mengklarifikasi hal tersebut, guna menanyakan adanya bantuan BLT tersebut, karena disini sangat jelas banyak warga miskin yang tidak mendapatkan blt tersebut,”

Data dari Dinas Sosial Kabupaten Tulangbawang yang akan divalidasi sebanyak 251 KK setelah dilakukan Verifikasi dan Validasi data penduduk KK oleh aparatur kampung dari 251 KK menjadi 230 KK, 21 KK yang dicoret karena ada beberapa KK telah meningga dunia, Pindah domisili ke wilayah lain, dan KK yang kini tidak miskin lagi alias sudah sejahtra.

Baca juga :  PWI Tulang Bawang Siap Sukseskan Perhelatan HPN Di February Mendatang

Sebanyak 230 KK yang telah dilakukan verifikasi dan validasi data diserahkan kepada pendamping untuk diberikan ke Dinas Sosial Kabupaten setempat. akan tetapi yang kami herankan dari 230 KK yang mendapatkan BLT dari Pemerintah Pusat hanya 175 KK saja, sedangkan sebanyak 50 KK yang tidak mendapatkan BLT tersebut.

Akibat jumlah KK yang mendapatkan bantuan BLT dari Pemerintah Pusat tidak sesuai jumlah data yang diberikan Dinas Sosial sehingga banyak masyarakat miskin yang seharusnya berhak mendapatkan bantuan tidak mendapatkan bantuan sama sekali baik bantuan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten maupun Bantuan dari DD.

Untuk bantuan sembako dari Pemerintah Kabupaten Tulangbawang,Kampung Agung Dalem mendapatkan bantuan sembako sebanyak 114 paket, paket sembako tersebut telah diserahkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (PKM) yang layak mendapatkannya.

Untuk bantuan BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD) sesuai dengan peraturan, karena kami mendapatkan DD kurang lebih sebesar Rp 750 juta, maka kampung kami hanya menganggarkan 25 % dari DD yang diperoleh atau sebesar Rp 187.200.000.

Untuk besaran yang diterima setiap KPM dari BLT DD sendiri yatu sebesar Rp 600 ribu /bulan yang diberikan selama tiga bulan, jadi total besaran dana BLT DD yang di peroleh setiap KPM Rp 1.800.000, jadi dengan besaran dana BLT DD yang dianggarkan kampung dengan total Rp 187.200.000 hanya dapat Mengkafer 104 Kepala Keluarga (KK) saja.

Baca juga :  Bahas Penerapan New-Normal, Winarti Vicon Dengan Kepuskes Dan Camat Se-Tuba

Kampung ini telah 100% menyalurkan dana BLT DD bulan pertama, untuk penyaluran BLT DD bulan kedua dan ketiga nunggu pencairan Dana DD tahap berikutnya, ujar Sukur.

Rama yang juga Anggota BPK di Kampung Agung Dalem, juga menjelaskan, kita akan memperjuangkan 50 KK Ke Dinas Sosial Kabupaten yang tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat padahal datanya telah ada di Dinas Sosial Kabupaten setempat.

Bukan hanya itu saja ada 14 KK yang merupakan masyarakat miskin yang menurutnya layak mendapat Bantuan, yang kini juga kami perjuangkan ke Pemerintah Kampung, karena 14 KK ini tidak ada dalam data Dinas Sosial makanya kami perjuangkan ke Pemerintah Kampung agar 14 KK tersebut mendapatkan bantuan BLT dari Dana Desa, ujarnya.

sampai berita ini diturunkan Firman Kepala Kampung Agung Dalem Kecamata Banjar Margo Kabupaten Tulanbawang, belum berhasil untuk dikonfirmasi. (E/M)

Share :

Baca Juga

NASIONAL

Padat Karya Tunai Di Tubaba Diduga Jadi Bancakan Kepalo Tiyuh Untuk Meraup Keuntungan

Tulang Bawang

Pemkab Tuba Rakor Terkait Pembatasan Hajatan Masa Pandemi Covid-19.

ADVETORIAL

Sekda Tuba Ikut Sosialisasi Nasional Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2022.

ADVETORIAL

Winarti Tebar Benih Ikan Nila 50.000 di Sungai Tuba.

DAERAH

Bupati Winarti Adakan Pasar Murah di Kecamatan Meraksa Aji

Tulang Bawang

Polres Tuba Gelar Upacara Ziarah Dan Tabur Bunga Jelang Peringatan Hari Bhayangkara

ADVETORIAL

Bupati Tulang Bawang Sosialisasi e-SAMDES BUMDES Artha Bina Makmur Dan Peresmian Masjid Miftahussalam

Tulang Bawang

Genjot PAD, Bapenda Tuba Roadshow Monev Pencapaian Target PBB-P2
error: IZIN DULU BOSS