Home / ADVETORIAL / Tulang Bawang

Jumat, 21 Februari 2020 - 05:06 WIB - 278 Pembaca

Adv; Kabupaten Tulang Bawang Matangkan Raperda Kabupaten Layak Anak

Tulangbawang (Sbuai.com)

Bupati Tulangbawang Hj. Winarti, S.E., M.H hadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tulangbawang, dalam rangka Pembicaraan Tingkat II Atas Raperda Kabupaten Tulangbawang Tentang Kabupaten Layak Anak, Kamis (20/02).

Dalam sambutannya, Bupati Hj. Winarti, S.E., M.H mengucapkan “bahwa Pemkab Tulangbawang untuk yang kesekian kalinya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya Kepada DPRD Tulangbawang, yang telah berinisiatif untuk menyusun Raperda tentang Kabupaten Layak Anak,” ungkap Bupati Hj. Winarti S.E., M.H mengawali sambutannya.”

DPRD Kabupaten Tulangbawang selain mempunyai fungsi anggaran dan pengawasan, mempunyai fungsi pembentukan peraturan daerah. Dimana ketiga fungsi tersebut dijalankan dalam rangka representasi rakyat di daerah. Oleh karena itu, DPRD merupakan mitra sejajar Kepala Daerah yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam mewujudkan efisiensi, efektivitas, produktivitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Baca juga :  Bupati Tubaba Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2021 Dalam Rapat Paripuran DPRD Tubaba.

Peraturan Daerah tentang Kabupaten Layak Anak adalah bentuk komitmen Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Kabupaten Tulangbawang menjadi layak anak, dimana peraturan daerah ini dibuat sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pemenuhan hak dan perlindungan bagi anak secara terencana, terpadu dan sistematis untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi demi terwujudnya anak Indonesia yang berkualitas, berakhlak mulia dan sejahtera dapat terlaksana.

Selanjutnya berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 120 Tahun 2018, rancangan peraturan daerah tentang kabupaten layak anak sebelum ditetapkan menjadi peraturan daerah terlebih dahulu menyempurnakan rancangan perda berdasarkan hasil fasilitasi yang dilakukan oleh Gubernur.

Baca juga :  Polres Tulang Bawang Tangkap Tiga Pelaku Curat Asal Lampung Tengah

“Dalam hal ini pemerintah kabupaten Tulangbawang siap membantu dalam penyempurnaan Raperda agar sesuai dengan hasil fasilitasi gubernur untuk kemudian disampaikan kembali kepada gubernur untuk mendapatkan nomor registrasi dan selanjutnya ditetapkan menjadi peraturan daerah kabupaten Tulangbawang tentang kabupaten layak anak,” jelas Bupati.

Selanjutnya setelah ditetapkannya peraturan daerah ini, diperlukan langkah-langkah agar perda ini dapat berjalan dengan efektif. Diantaranya penyusunan peraturan pelaksanaannya yang diatur dengan peraturan bupati serta dibutuhkan komitmen dan sinergitas seluruh stakeholder dalam upaya mewujudkan Kabupaten Tulangbawang sebagai kabupaten layak anak. (Adv)

Share :

Baca Juga

ADVETORIAL

DPRD Tulang Bawang Gelar Rapat Paripurna Pembicaraan Tingkat I Atas Raperda LKPJ APBD TA 2020

ADVETORIAL

Winarti Tebar Benih Ikan Nila 50.000 di Sungai Tuba.

Tulang Bawang

Pelaksanaan Pekerjaan Preservasi Drinase TA 2021 di Tuba, tidak sesuai SE Dirjen BM No 8/SE/2020.

Tulang Bawang

Bupati Winarti Buka Acara Ikatan Cendikia Mislim se-Indonesia Sarasehan Kabupaten Tubaba

ADVETORIAL

Tinjau Korban Puting Beliung Bupati Winarti Berikan Bantuan

ADVETORIAL

Serius Tangani Covid-19 Bupati Tulang Bawang Laporkan Penanganan Ke Gubernur Dan Mendagri Melalui Video Conference

Tulang Bawang

Berhutang Dengan Toko, Harga Matrial Bangunan Bedah Rumah Di Tuba Melambung Tinggi

ADVETORIAL

DPRD Tubaba Gelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Pembicaraan Tingkat 1 Atas 6 Raperda Secara Virtual
error: IZIN DULU BOSS