Home / Tulang Bawang

Senin, 10 Februari 2020 - 08:27 WIB - 12 Pembaca

1.732 TKI Di Luar Negeri Asal Tuba Dipastikan Bebas Corona

Tulang Bawang (Sbuai.com)

Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tulangbawang (Tuba) memastikan TKI setempat di luar Negeri bebas virus corona.

Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tulangbawang memastikan 1.732 warga kabupaten setempat yang bekerja di luar negeri dalam kondisi aman. Mereka sehat dan terbebas dari Virus Corona.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Tulangbawang Nurman mengaku kepastian itu berdasarkan informasi yang diperoleh pihaknya dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2-TKI).

“Alhamdulillah informasi dari BNP2-TKI tidak ada warga Tuba yang ada di luar negeri terinfeksi virus korona,” kata Nurman di damping Kasi Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri Sartono, Jumat (31/1).

Dia menuturkan sejak tahun 2015 hingga akhir Januari 2020 tercatat 1.000 lebih warga Tulangbawang menjadi TKI yang terdaftar di Sistem Online Sistem Komputer Tenaga Kerja Luar Negeri (Sisko-TKLN).

Baca juga :  Polsek Rawa Pitu Indentifikasi Korban Meninggal Di Aliran Sungai

“Total ada sekitar 1.732 TKI asal Tulangbawang dan tercatat di Sisko TKLN. Jumlah itu tercatat sejak tahun 2015 karena kan sistemnya juga dimulai sejak tahun 2015,” katanya.

Nurman menjabarkan pada 2019 terdapat 519 orang mendaftarkan diri untuk kerja ke luar negeri di Sisko-TKLN dengan negara tujuan Brunai Darussalam satu orang, Hongkong 63 orang, Malaysia 174 orang, Singapura 95 orang, dan Taiwan 186 orang. Sementara di tahun ini terdapat 62 orang.

Dia menyatakan Disnakertrans Tulangbawang hanya menjadi perpanjangan dari BNP2-TKI. Hal itu lantaran, para pencari kerja yang hendak pergi ke luar negeri hanya melakukan pendaftaran untuk proses membuat ID dan rekomendasi Paspor. Proses selanjutnya, kata dia, berada di Badan Pembinaan Pelayanan Penempatan (BP3-TKI) Provinsi Lampung.

Baca juga :  Rakor Kada se-Lampung Kabupaten Tulang Bawang Memperoleh Berbagai Hal Positif

“kebanyakan mereka bekerja dinegara tujuan taiwan dan Malaysia dan Rata-rata mereka kerja di luar negeri sebagai perawat atau baby sitter atau di panti jompo, perkebunan, dan assisten rumah tangga. Belum tentu itu sudah berangkat semua keluar negeri, kemungkinan masih ada yang menunggu keberangkatan penempatan,” kata dia.

“Kita sering menghimbau masyarakat agar ketika hendak kerja ke luar negeri melalui Disnakertrans Tuba. Kalau enggak kesini dia enggak tahu biaya dan kerja apa saja di luar negeri. Ini upaya juga menghindari agensi palsu. Sehingga hak dan kewajiban mereka jelas dan terpenuhi,” ujar nurman. (M/El)

Share :

Baca Juga

Tulang Bawang

Tingkatkan Pelayanan, Polres Tuba Hadirkan Pelayanan SKCK Online

Tulang Bawang

Satlantas Polres Tulang Bawang Tindak Puluhan Pelanggar Dan Truk ODOL

Tulang Bawang

Musrenbangcam Distan Tulang Bawang Paparkan Program Unggulan Kerja

Tulang Bawang

Tekan Kenakalan Remaja, Polres Tuba Gelar Police Goes To School

Tulang Bawang

Geger Warga Temukan Mayat Anonim Di Kampung Sungai Nibung

Tulang Bawang

Dinkes Tuba Penuhi Sarpras Dalam Upaya Penangan Pendemi Covid-19 Dengan Maksimal

Tulang Bawang

Koramil 426-02 Dan Polsek Menggala Kawal Pembagian BST Setempat

Tulang Bawang

Cegah DBD, Dinkes Tuba Sosialialisasi Dan Pasang Spanduk
error: IZIN DULU BOSS